IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS AWIRRASYIDIN MEDAN SUNGGAL
IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS AWIRRASYIDIN MEDAN SUNGGAL, Implementasi, Metode Mind Mapping, Akidah Akhlak, Minat Belajar Siswa....
Author: ASMAUL HUSNA
Date: 2024
Keywords: Implementasi, Metode Mind Mapping, Akidah Akhlak, Minat Belajar Siswa.
Type: Skripsi
Category: penelitian
Pelajaran Akidah Akhlak merupakan pelajaran tentang keyakinan dalam diri yang mengingatkan pada keadaan jiwa dan tingkah laku peserta didik. Dengan pentingnya Akidah Akhlaq tersebut, diperlukan pemahaman yang maksimal oleh peserta didik. Sebelumnya penyampaian materi Akidah Akhlaq di Mts Awirrasyidin menggunakan metode ceramah membuat peserta didik jenuh dan bosan, setelah menggunakan metode Mind Mapping peserta didik lebih aktif dan hasil belajarnya semakin baik. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Aqidah Akhlaq dan peserta didik. Sedangkan teknik pemerolehan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Kemudian di analisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Mind Mapping diawali dengan penyusunan RPP, Pembagian kelompok dan pembuatan peta pikiran. Pelaksanaan Mind Mapping dengan tujuan pembelajaran berlangsung aktif, interaktif, inovatif dan kreatif, sehingga para siswa lebih mudah memahaminya. Penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping memberikan pemahaman kepada siswa terkait Akhlak terpuji yang harus dilaksanakan dan Akhlak tercela yang harus dihindari dan meningkatkan hasil belajarnya. Faktor pendukung penerapan metode Mind Mapping dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq di antaranya adalah Pertama, tersedianya buku-buku dan alat penunjang penggunaan metode Mind Mapping seperti LCD, Proyektor. Kedua, pengadaan pelatihan yang diagendakan oleh Kepala Sekolah. Adapun faktor penghambat penerapan metode Mind Mapping tersebut adalah: Pertama, jam pelajaran yang kurang. Kedua, peserta didik kurang tertarik pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq. Sedangkan solusi dari faktor penghambat dalam penerapan metode Mind Mapping adalah: Pertama, guru mengganti kelompok yang presentasi setiap jam pelajaran sehingga guru mengetahui kemampuan siswa secara menyeluruh. Kedua, guru menjaga kedekatan dengan siswa serta memberi motivasi tentang pentingnya pembelajaran Aqidah Akhlaq.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB