REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Asas Kepercayaan dalam Transaksi Jual Beli Online dalam Perspektif KUHPerdata dan UU No 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

YUNIKA GIAWA (2024)

penelitian-asas-kepercayaan-dalam-transaksi-jual-beli-online-dalam-perspektif-kuhperdata-dan-uu-no-19-tahun-2016-tentang-informasi-dan-transaksi-elektronik

Asas Kepercayaan dalam Transaksi Jual Beli Online dalam Perspektif KUHPerdata dan UU No 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Asas Kepercayaan dalam Transaksi Jual Beli Online dalam Perspektif KUHPerdata dan UU No 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik., Principles of Trust, Online Buying and Selling, Civil Code, Electronic Transactions...

Author: YUNIKA GIAWA
Date: 2024
Keywords: Principles of Trust, Online Buying and Selling, Civil Code, Electronic Transactions
Type: Jurnal
Category: penelitian

Asas kepercayaan dalam transaksi jual beli online merupakan pondasi penting dalam hubungan antara penjual dan pembeli, baik dalam perspektif KUH Perdata maupun Undang-Undang No. 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif normatif hukum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran asas kepercayaan dalam menciptakan transaksi yang aman dan efisien secara online. Dengan menekankan pada itikad baik dan kewajiban para pihak, penelitian ini menemukan bahwa kepercayaan tidak hanya menjamin pemenuhan hak dan kewajiban, tetapi juga meningkatkan efektivitas transaksi. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa kendati telah memiliki aturan, Indonesia masih belum sepenuhnya optimal dalam mengatur transaksi online. Pada dasarnya, regulasi yang jelas dalam undang-undang elektronik memberikan landasan hukum yang kuat untuk mendukung proses jual beli, sehingga menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan e-commerce di Indonesia.

Files:
Tidak ada data !

Collections:
Digital Library UNPAB