REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Analisis Strategi Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pengembangan usaha keripik cinta mas hendro (Studi kasus : keripik cinta mas hendro-Air hitam, Kab. Langkat)

GITA OCTAVIA BR GINTING (2024)

penelitian-analisis-strategi-bisnis-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-umkm-dalam-pengembangan-usaha-keripik-cinta-mas-hendro-studi-kasus--keripik-cinta-mas-hendroair-hitam-kab-langkat

Analisis Strategi Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pengembangan usaha keripik cinta mas hendro (Studi kasus : keripik cinta mas hendro-Air hitam, Kab. Langkat)

Analisis Strategi Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pengembangan usaha keripik cinta mas hendro (Studi kasus : keripik cinta mas hendro-Air hitam, Kab. Langkat), Strategi Bisnis, Pengembangan Usaha, UMKM...

Author: GITA OCTAVIA BR GINTING
Date: 2024
Keywords: Strategi Bisnis, Pengembangan Usaha, UMKM
Type: Skripsi
Category: penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bisnis yang efektif dalam pengembangan usaha Keripik Cinta Mas Hendro-Air Hitam, Kab. Langkat. Dan untuk mengetahui pengembangan usaha Keripik Cinta Mas Hendro-Air Hitam, Kab. Langkat menggunakan analisis SWOT. Penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan data-data yang dikumpulkan. Penelitian ini dilakukan pada UMKM Keripik Cinta Mas Hendro-Air Hitam, Kab. Langkat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis SWOT. Dari hasil penelitian dengan menggunakan analisis SWOT yang ada pada UMKM Keripik Cinta Mas Hendro, bahwasanya penerapan strategi pada Keripik Cinta Mas Hendro tersebut menggunakan Growth oriented strategy. Hal ini di karenakan, hasil analisis SWOT diperoleh bahwa di dalam matriks IFAS menunjukkan faktor kekuatan dan kelemahan memiliki total skor 2,98. Hal ini mengindikasikan bahwa Keripik Cinta Mas Hendro berada pada posisi internal yang begitu kuat. Selanjutnya, di dalam matriks EFAS menunjukkan bahwa faktor peluang dan ancaman memiliki total skor 2,87. Hal ini mengindikasikan bahwa usaha Keripik Cinta Mas Hendro dapat merespon peluang yang ada dengan cara yang luar biasa dan menghindari ancaman yang berada di pasar industrinya. Adapun pada diagram kuadran analisis SWOT di tunjukkan bahwa nilai total skor tertinggi berada pada kuadran pertama di mana kuadran tersebut merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Keripik Cinta Mas Hendro banyak peluang dan kekuatan sehingga dapat merebut dan memanfaatkan peluang yang ada sekaligus meminimalkan kelemahan serta mengatasi berbagai ancaman.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB