REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun di RA Jasmine Islamic

EGA PRATIWI (2024)

penelitian-penerapan-model-pembelajaran-berbasis-proyek-dalam-meningkatkan-berpikir-kritis-anak-usia-56-tahun-di-ra-jasmine-islamic

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun di RA Jasmine Islamic

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun di RA Jasmine Islamic, Berpikir Kritis, Anak Usia Dini, Model Pembelajaran Berbasis Proyek...

Author: EGA PRATIWI
Date: 2024
Keywords: Berpikir Kritis, Anak Usia Dini, Model Pembelajaran Berbasis Proyek
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan cara berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di RA Jasmine Islamic. Jenis penelitian yang digunakan ialah Classroom Action Research (CAR) atau Penelitian Tindakan Kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas B Awan yang terdiri dari 25 orang anak. Pada pengambilan sampelnya adalah menggunakan teknik Total Sampling (Sampel Jenuh). Hasil dari penelitian ini didapat dari observasi dengan instrumen digunakan adalah daftar cocok (check list). Pada penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus. Pada penelitian siklus I terdapat hasil rata-rata keterampilan berpikir kritis anak sebesar 55,2% yang masih dapat dikatakan bahwa berpikir kritis anak tergolong rendah dan belum berkembang. Lalu pada siklus II, berpikir kritis anak mengalami peningkatan sebanyak 32,8?n hasil rata-ratanya menjadi 88% yang dapat dikatakan berpikir kritis anak sudah tergolong sangat baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di RA Jasmine Islamic.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB