Penerapan Budaya Toleransi Beragama Berbasis Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 104185 Sei Semayang
Penerapan Budaya Toleransi Beragama Berbasis Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 104185 Sei Semayang, Budaya Toleransi Beragama, Multikultural, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam....
Author: ANDINI RETNO WATI
Date: 2024
Keywords: Budaya Toleransi Beragama, Multikultural, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana penerapan budaya toleransi beragama berbasis multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 104185 Sei Semayang, 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat penerapan budaya toleransi beragama berbasis multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 104185 Sei Semayang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari kepala sekolah SDN 104185 Sei Semayang, Guru PAI dan siswa-siswi SDN 104185 Sei Semayang. Adapun sumber data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung yaitu berupa buku, catatan, artikel atau jurnal yang berkaitan dengan Penelitian ini menganalisis data dengan cara yang sama.: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan budaya toleransi beragama berbasis multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam SDN 104158 Sei Semayang yaitu: memalui pembiasaan berupa berdoa rutin setiap pagi secara bersama-sama sebelum proses pembelajaran dengan tujuan meningkatkan keimanan masing-masing sewa dan membiasakan kepada hal-hal yang baik, dan menciptakan hubungan yang baik walaupun adanya perbedaan agama. Melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, tidak membeda-bedakan siswa, menerapkan sikap menghargai dan menghormati, dan penerapan dengan materi pendidikan islam diajarkan melalui metode pembelajaran sosiologis. yang digunakan sesuai materi yang disampaikan yang tertera dalam RPP guru PAI, selain itu juga siswa dibiasakan untuk aktif dalam beramal yang semunya ikut serta tanpa adanya perbedaan, membiasakan siswa beramal juga bertujuan untuk membangun sikap toleransi dari beramal siswa dapat saling memahami bahwa perbedaan agama tetap sama dalam hal berbagi maupun bersedekah dan juga saling berbuat baik sesama manusia.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB