Etika Bisnis Islam dalam Pemikiran Yusuf Al Qardhawi
Etika Bisnis Islam dalam Pemikiran Yusuf Al Qardhawi, Etika Bisnis Islam, Yusuf Al-Qaradawi, Nilai Moral, Etika Berbisnis...
Author: RIZKY MAUDY ANGGRAINI
Date: 2024
Keywords: Etika Bisnis Islam, Yusuf Al-Qaradawi, Nilai Moral, Etika Berbisnis
Type: Jurnal
Category: penelitian
Etika bisnis menjadi sangat penting untuk diangkat dalam era globalisasi yang sering mengabaikan nilai-nilai moral dan etika. Oleh karena itu, Islam menegaskan bahwa kegiatan bisnis tidak hanya bertujuan untuk memuaskan keinginan, tetapi juga harus bertujuan mencapai keseimbangan hidup dengan perilaku positif dan tidak merusak. Yusuf al-Qaradâwi menilai bahwa bisnis modern memiliki peran besar dalam menyelesaikan masalah etika secara menyeluruh. Dalam pandangannya yang moderat, tercermin bahwa etika bisnis yang dia kemukakan merupakan bentuk profesionalisme yang akan memastikan kelangsungan bisnis. Menjalankan bisnis dengan etika berarti menjalankan usaha yang menguntungkan sesuai dengan hukum Islam. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pustaka (Library Research), di mana teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui studi literatur dari buku, teori, jurnal, dan informasi lain yang relevan dengan masalah dan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang etika bisnis Islam dan memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai relevansinya dengan pemikiran Yusuf al-Qaradawi. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah menyediakan panduan bagi praktisi bisnis, akademisi, dan pembuat kebijakan dalam mengintegrasikan etika bisnis yang sesuai dengan nilai-nilai Islam ke dalam praktik bisnis modern.
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB