Penerapan media loose part dalam mengoptimalkan capaian pembelajaran jati diri anak usia dini di Ra Al Kahfi Kec.sunggal kabupaten Deli serdang
Penerapan media loose part dalam mengoptimalkan capaian pembelajaran jati diri anak usia dini di Ra Al Kahfi Kec.sunggal kabupaten Deli serdang, Capaian Jati Diri, Loosepart, PTK...
Author: AYUNDA SARI
Date: 2024
Keywords: Capaian Jati Diri, Loosepart, PTK
Type: Skripsi
Category: penelitian
Pendidikan anak usia dini dinilai penting karena hal ini merupakan pondasi awal dari tumbuh kembang anak. Salah satu pondasi yang harus dibentuk menurut kurikulum saat ini adalah “Jati Diri” dalam capaian jati diri terdapat salah satu aspek yang menjadi fokus peneliti yaitu anak dapat mengenali, mengelola, mengekspresikan emosi diri, serta membangun hubungan sosial secara sehat. Adapun bentuk upaya untuk mencapai hal tersebut adalah dengan menggunakan metode pembelajaran menggunakan media loosepart. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan media loose part dapat mengoptimalkan capaian jati diri indikator pertama (anak dapat mengenali, mengelola, mengekspresikan emosi diri, serta membangun hubungan sosial secara sehat) pada anak usia dini. Adapun bentuk penelitian pada skripsi ini adalah dengan menggunakan metode PTK, dimana menelitian ini dilaksanakan di RA. Al Kahfi Kec.Sunggal Kab.Deli Serdang. Subyek penelitian adalah anak ataupun anak kelompok B RA. Al Kahfi Kec.Sunggal Kab.Deli Serdang, yang berjumlah 16 orang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan desktiptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa penggunaan media loosepart mampu untuk meningkatkan nilai capaian jatidiri anak indikator pertama dengan perolehan capaian sebesar 75, 7%
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB