REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Implementasi Metode Jibril Dan Dril Dalam Pembelajaran Baca Al-Qur'an di Sekolah Tahfidz Baitul Qur'an Azzahra Sunggal

EGA PARAMUDITA (2024)

penelitian-implementasi-metode-jibril-dan-dril-dalam-pembelajaran-baca-alqur-39an-di-sekolah-tahfidz-baitul-qur-39an-azzahra-sunggal

Implementasi Metode Jibril Dan Dril Dalam Pembelajaran Baca Al-Qur'an di Sekolah Tahfidz Baitul Qur'an Azzahra Sunggal

Implementasi Metode Jibril Dan Dril Dalam Pembelajaran Baca Al-Qur'an di Sekolah Tahfidz Baitul Qur'an Azzahra Sunggal, Implementasi, Metode Jibril, Metode Dril, Pembelajaran Al-Qur’an...

Author: EGA PARAMUDITA
Date: 2024
Keywords: Implementasi, Metode Jibril, Metode Dril, Pembelajaran Al-Qur’an
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian guna mengetahui implementasi dan faktor pendukung serta penghambat Metode Jibril dan Dril Dalam Pembelajaran Baca Al-Qur’an di Sekolah Tahfidz Putri Baitul Qur’an Azzahra Sunggal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu mengunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Data primer merupakan informasi yang didapat dari kepala sekolah atau kepala Yayasan,, guru Tahfidz dan juga beberapa siswi kelas VII di sekolah Tahfidz Putri Baitul Qur’an Azzahra Sunggal, kemudian data sekunder merupakan informasi media yang tidak diperoleh langsung. Data dikumpulkan kemudian direduksi, disajikan dan disimpulkan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode Jibril dan dril dalam pembelajaran baca Al-Qur’an di sekolah tahfidz Putri Baitul Qur’an Azzahra Sunggal dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat dari metode Jibril dan Dril. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran menggunakan metode Jibril dan Dril di Sekolah Tahfidz Putri Baitul Qur’an Azzahra Sunggal sangat sesuai dengan bahan yang ingin diajarkan oleh guru kepada peserta didik. Adapun faktor pendukungnya adalah: 1) Metode yang digunakan sangat mudah; 2) Lingkungan sekolah berbasis Islami; 3) Guru yang aktif. Sedangkan faktor penghambat dari Metode Jibril dan Dril ini adalah: 1) Dari diri peserta didik itu sendiri; 2) Tidak adanya buku panduan; 3) Sarana dan prasarana yang kurang memadai; 4) Orang tua. Hasil penelitian adalah pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Tahfidz Putri Baitul Qur’an Azzahra Sunggal sudah terlaksana dengan baik. Guru menerapkan dengan baik metode Jibril dan Dril pada pembelajaran baca Al-Qur’an dan diterima optimal pula oleh peserta didiknya.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB