Penanaman Nilai-Nilai Ketauhidan Siswa melalui Metode Pembelajaran Bercerita di SDN 101740 Kelurahan Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang
Penanaman Nilai-Nilai Ketauhidan Siswa melalui Metode Pembelajaran Bercerita di SDN 101740 Kelurahan Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang, Penanaman Nilai Tauhid,Guru PAI,Siswa, MetodePembelajaran Bercerita....
Author: VIVI PRATIWI
Date: 2024
Keywords: Penanaman Nilai Tauhid,Guru PAI,Siswa, MetodePembelajaran Bercerita.
Type: Skripsi
Category: penelitian
Salah satu bentuk tercapainya strategi pembelajaran ialah melalui metode bercerita, penggunaan metode bercerita dapat menjadikan siswa lebih mudah berkonsentrasi sehingga menyerap informasi dan memahami materi pembelajaran. Adapun tujuan metode bercerita dalam mengimplementasikan nilai-nilai tauhid agar siswa dapat mengetahui pentingnya peran tauhid dalam kehidupan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer yaitu kepala sekolah, wali kelas, guru pendidikan agama islam, dan siswa kelas IV, V dan VI. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan tauhid bukan sekedar mengenal/mengerti bahwa pencipta alam semesta ini adalah Allah SWT, bukan sekedar mengetahui bukti-bukti kebenaran wujud Allah dan bukan pula sekedar mengenal asma dan sifat Allah, namun siswa diharapkan mampu mengimplementasikannya kedalam kehidupan sehari-hari agar menjadi pribadi yang lebih baik, bertakwa, dan terdidik. Meyakini bahwa tidak ada yang dapat menandingi Allah yang Maha Kuasa karena sungguh Allah sang pemilik langit dan bumi. Mengimplementasikan nilai-nilai tauhid dengan metode bercerita menjadikan siswa dapat dengan mudah belajar mengenai peran tauhid yang berpengaruh besar pada cara berperilaku dan bersikap seorang siswa. Selain itu peran orang tua juga sangat penting dalam membentuk karakter dan kepribadian anak. Beberapa factor yaitu untuk mengukur kesiapan siswa dalam menerapkan nilainilai tauhid diantaranya, pemilihan cerita yang baik dan menarik untuk disampaikan kepada siswa sehingga siswa dapat mempelajari dan meneladani dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya cerita yang disampaikan haruslah sesuai dengan karakter siswa sehingga menarik simpati siswa dalam mendengarkan cerita yang disampaikan dan juga tidak membuat siswa jenuh akan cerita yang disampaikan. Penggunaan metode bercerita dapat menanamkan akidah (tauhid) kepada siswa secara mendalam, mengenai keesaan Allah, maupun menanamkan akhlak islamiyah kepada siswa melalui cerita tentang akhlak Rasulullah sebagaimana yang ada didalam al quran, menanamkan ibadah kepada siswa melalui cerita tentang tokoh-tokoh islam yang ada didalam alquran, dan untuk melatih siswa agar menggambarkan keajaiban ciptaan Allah serta mengamati bagaimana langit langit terbentuk dan bagaimana bumi berputar mengelilingi matahari tanpa jatuh juga mengamati bagaimana system kehidupan hewan, tumbuhan secara menyeluruh.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB