REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

PENGARUH KREDIT USAHA RAKYAT, E-COMMERCE, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA UMKM KAKI LIMA DI KOTA BINJAI

SITI ANNIDA'UL SA'ADAH (2024)

penelitian-pengaruh-kredit-usaha-rakyat-ecommerce-dan-literasi-keuangan-terhadap-kinerja-umkm-kaki-lima-di-kota-binjai

PENGARUH KREDIT USAHA RAKYAT, E-COMMERCE, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA UMKM KAKI LIMA DI KOTA BINJAI

PENGARUH KREDIT USAHA RAKYAT, E-COMMERCE, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA UMKM KAKI LIMA DI KOTA BINJAI, Kredit Usaha Rakyat, E-Commerce, Literasi Keuangan, Kinerja UMKM...

Author: SITI ANNIDA'UL SA'ADAH
Date: 2024
Keywords: Kredit Usaha Rakyat, E-Commerce, Literasi Keuangan, Kinerja UMKM
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh dari kredit usaha rakyat, ecommerce, dan literasi keuangan terhadap kinerja UMKM Kaki Lima di Kota Binjai. Populasi pada penelitian ini tidak diketahui secara pasti, tetapi jumlah sampel yang diambil sebanyak 96 orang responden yang dihitung dengan rumus Zikmund. Penelitian ini menggunakan data primer-kuantitatif yang dikumpulkan melalui kuesioner dan kemudian diolah dengan aplikasi SPSS Versi 24. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredit usaha rakyat, e-commerce, dan literasi keuangan baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM di Kaki Lima di Kota Binjai. Kredit usaha rakyat memiliki nilai regresi sebesar 0,285, thitung sebesar 3,568 dengan signifikan sebesar 0,001. ECommerce memiliki nilai regresi sebesar 0,339, thitung sebesar 4,251 dengan signifikan sebesar 0,000. Literasi Keuangan memiliki nilai regresi sebesar 0,282, thitung sebesar 4,008 dengan signifikan sebesar 0,000. Hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung sebesar 160,817 dengan signifikan sebesar 0,000. Nilai ttabel sebesar 1,986 dan Ftabel sebesar 2,704 sehingga thitung > ttabel dan Fhitung > Ftabel dengan signifikan < 0,05 maka terima Ha dan tolak Ho yang artinya benar adanya pengaruh signifikan. Hal ini menunjukkan hipotesis H1, H2, H3, dan H4 dapat diterima dan terbukti benar karena hasil penelitian sejalan dengan hipotesis yang diajukan. Variabel yang paling dominan mempengaruhi kinerja UMKM adalah variabel e-commerce dengan thitung sebesar 4,251. 83,5% kinerja UMKM dapat dijelaskan dan diperoleh dari kredit usaha rakyat, e-commerce, dan literasi keuangan, sedangkan sisanya diperoleh dari faktor lain. Kinerja UMKM memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap kredit usaha rakyat, e-commerce, dan literasi keuangan.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB