REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Strategi Penguatan Nilai Agama dan Moral Peserta Didik di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal

HERLINA (2024)

penelitian-strategi-penguatan-nilai-agama-dan-moral-peserta-didik-di-smp-muhammadiyah-47-sunggal

Strategi Penguatan Nilai Agama dan Moral Peserta Didik di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal

Strategi Penguatan Nilai Agama dan Moral Peserta Didik di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal, Strategi; Nilai; Agama; Moral; Karakter....

Author: HERLINA
Date: 2024
Keywords: Strategi; Nilai; Agama; Moral; Karakter.
Type: Jurnal
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menelaah strategi dan hambatan dalam penguatan nilai agama dan moral peserta didik di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis. Informan dalam penelitian ialah guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan dan 3 Peserta didik SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan kesimpulan (conclusion). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai agama dan moral peserta didik sudah baik seperti sikap sopan santun, jujur dan amanah dan menjalankan perintah Allah Swt. Sesuai dengan ajaran islam. Strategi dalam penguatan nilai agama dan moral dilakukan dengan inovatif dan strategi yang bervariasi seperti pembiasaan ketertiban, kegiatan keagamaan, kegiatan esktrakurikuler, integrasi nilai agama dalam semua pelajaran dan melalui contoh peneladanan. Faktor penghambat dalam penguatan nilai agama dan moral berupa faktor internal peserta didik dan faktor eksternal dari sekolah, namun dalam mengurangi hambatan, berbagai solusi dilakukan oleh warga sekolah dalam penguatan nilai agama dan moral peserta didik yang lebih tangguh. Temuan ini dapat mendorong pembuat kebijakan pendidikan untuk mengadopsi model pembelajaran yang lebih terintegrasi dengan nilai-nilai agama dan moral, memastikan pembentukan karakter yang kuat dan berlandaskan ajaran agama.

Files:
Tidak ada data !

Collections:
Digital Library UNPAB