REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Pengaruh Pemberian Pupuk Kotoran Puyuh dan POC Limbah Organik Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Bawang Merah (Allium Ascalonikum L.)

TANIA SYAIRA (2024)

penelitian-pengaruh-pemberian-pupuk-kotoran-puyuh-dan-poc-limbah-organik-terhadap-pertumbuhan-dan-produksi-bawang-merah-allium-ascalonikum-l

Pengaruh Pemberian Pupuk Kotoran Puyuh dan POC Limbah Organik Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Bawang Merah (Allium Ascalonikum L.)

Pengaruh Pemberian Pupuk Kotoran Puyuh dan POC Limbah Organik Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Bawang Merah (Allium Ascalonikum L.), Bawang Merah, Pupuk Kotoran Puyuh, POC Limbah Organik....

Author: TANIA SYAIRA
Date: 2024
Keywords: Bawang Merah, Pupuk Kotoran Puyuh, POC Limbah Organik.
Type: Jurnal
Category: penelitian

Bawang merah, sebagai salah satu komoditas hortikultura, penting baik untuk konsumsi rumah tangga maupun industri makanan, sehingga memiliki peran strategis. Di tingkat rumah tangga, bawang merah digunakan sebagai bumbu dapur dan taburan pada berbagai hidangan. Permintaan bawang merah dari industri makanan olahan juga mendorong peningkatan pendapatan petani di berbagai wilayah. Meskipun produksi bawang merah domestik telah mengalami pertumbuhan positif selama dua dekade terakhir, peningkatan tersebut masih belum dapat sepenuhnya memenuhi permintaan yang terus meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons pertumbuhan dan produksi bawang merah (Allium cepa L.) terhadap pemberian pupuk kotoran puyuh dan POC limbah organik. Metode eksperimen digunakan dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial, meliputi 2 faktor perlakuan 16 kombinasi perlakuan serta 3 kali pengulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk kotoran puyuh dan POC limbah organik memiliki beda nyata dalam mempengaruhi tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah anakan, berat basah per sampel, dan berat kering per sampel.

Files:
Tidak ada data !

Collections:
Digital Library UNPAB