REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MAS AMALIYAH SUNGGAL

SHOPIA AYUNDA AMELIA (2024)

penelitian-implementasi-pendidikan-akidah-akhlak-sebagai-upaya-pembentukan-karakter-religius-siswa-di-mas-amaliyah-sunggal

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MAS AMALIYAH SUNGGAL

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MAS AMALIYAH SUNGGAL, Implementasi, Pembelajaran, Akhlak, Religius...

Author: SHOPIA AYUNDA AMELIA
Date: 2024
Keywords: Implementasi, Pembelajaran, Akhlak, Religius
Type: Skripsi
Category: penelitian

Skripsi ini membahas tentang implementasi Pendidikan Akidah Akhlak Dalam Membentuk Sikap Religius Siswa MAS Amaliyah Sunggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana seorang guru akidah akhlak mengimplementasikan pembelajaran akidah akhlak lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat sehingga terbentuk sikap religius, serta membimbing siswa yang melakukan kenakalan disekolah seperti membantah atau melawan, tidak disiplin,tidak memperhatian guru saat mengajar dan berbicra sendiri. Jenis metode yang digunakan saat menganalisis penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru mengimplementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk sikap religius MAS Amaliyah Sunggal. Adapun sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer (Kepala Sekolah, Guru Akidah Akhlak, Guru Fiqh, dan peserta didik 3 orang) dan sumber data sekunder (observasi, wawancara dan buku-buku, situs-situs internet yang terkait dengan judul penelitian). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk sikap religius siswa di MAS Amaliyah Sunggal adalah selain diselengggarakan melalui mata pelajaran akidah akhlak, guru -guru juga selalu berusaha mengarahkan anak-anak di sekolah dengan melalui pembiasaan religius atau penciptaan suasana religius seperti setoran tahfiz, sholat dhuha, Sholay Zuhur dan Berpidato. Faktor pengahambatnya yaitu dari orang tua yang kurang mendukung serta dari pihak peserta didik itu sendiri. Sedangkan faktor pendukung yaitu adanya komitmen dari kepala madrasah, dukungan dan usaha dari guru-guru yang selalu bekerja sama untuk membentuk sikap religius siswa.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB