REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP DARUSSALAM MEDAN

LILIS RAHMADANI (2024)

penelitian-implementasi-model-pembelajaran-kooperatif-learning-pada-mata-pelajaran-pendidikan-agama-islam-di-smp-darussalam-medan

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP DARUSSALAM MEDAN

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP DARUSSALAM MEDAN, Implementasi model pembelajaran kooperatif learning, Guru PAI...

Author: LILIS RAHMADANI
Date: 2024
Keywords: Implementasi model pembelajaran kooperatif learning, Guru PAI
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi model pembelajaran kooperatif learning di SMP Darussalam Medan di kelas VII 2) Kelebihan dan kekurangan model pembelajaran kooperatif learnig di SMP Darussalam Medan kelas VII. Metode prnelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan sumber data: 1) Data primer dari kepala sekolah, Guru PAI dan perwakilan siswa. 2) Data Sekunder dari penelitian yang relevan, dan bahan kepustakaan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan dalam teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Impelentasi model pembelajaran kooperatif learning di SMP Darussalam Medan kelas VII berjalan dengan baik dan didukung secara positif menjadi salah satu model pembelajaran yang membantu peningkatan kecerdasar berfikir kreatif, kritis dan kolaboratif serta komunikasi yang baik. Penerapannya menyesuaikan kebutuhan yang ada pada bahan ajar dan kemampuan peserta didik. Evaluasi setiap peserta didik mampu mencapai nilai 80-90 dalam penerapan model pembelajran kooperatif learning dari KKM 75 pada materi masa kejayaan islam. 2) Kelebihan dan kekurangan model pembelajaran kooperatif learning sebagai berikut: Kelebihan a) Mendorong siswa untuk bekerja sama. b) mengembangkan keterampilan social. c) Meningkatkan pemahaman siswa. D) Lebih mudah mengidentifikasi masalah. Kekurangan a) Ketergantungan antar siswa b) Ketidak seimbangan dalam kemampuan c) Ketidak stabilan kondisi kelas.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB