Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Makanan Berbasis Website (Studi Kasus: Bakso Bakar Asoy Geboy Polonia)
Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Makanan Berbasis Website (Studi Kasus: Bakso Bakar Asoy Geboy Polonia), Sistem Informasi Pemesaan Makanan...
Author: DIVYA KRISNA
Date: 2024
Keywords: Sistem Informasi Pemesaan Makanan
Type: Skripsi
Category: penelitian
Bakso Bakar Asoy Geboy Polonia adalah sebuah usaha mikro kecil menengah yang bergerak dibidang usaha kuliner dan terletak di Kota Medan tepatnya di Jalan Balai Desa, No 53 B, Kec. Medan Polonia. Bakso Bakar Asoy Geboy Polonia menyediakan berbagai menu makanan dan menerima pesanan acara besar ataupun kecil. Jumlah pelanggan kian hari semakin bertambah, tetapi sistem pemesanan masih menggunakan cara manual yaitu pelanggan datang ke kedai, melakukan pemesanan kepada penjual, kemudian menunggu pesanan selesai dan menghitung transaksi menggunakan cara manual. Beberapa masalah yang muncul terjadi, seperti adanya pelanggan yang kecewa karena saat datang ke kedai antrian pelanggan yang ramai, menu makanan sudah habis atau kedai sudah tutup. Sehingga dengan adanya permasalahan tersebut dibuatlah sebuah rancang bangun sistem informasi pemesanan makanan berbasis website. Dalam penelitian ini metode yang digunakan dengan melakukan observasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai pendukung basis data. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah terbentuknya sebuah sistem informasi pemesanan makanan berbasis website di Bakso Bakar Asoy Geboy Polonia yang dapat membantu admin meningkatkan kualitas pelayanan, membantu pelanggan mendapatkan informasi dan memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan makanan. Hasil pengujian sistemnya menggunakan metode Black Box Testing yang menunjukkan bahwa sistem telah berjalan dengan baik tanpa ditemukan kesalahan. Berdasarkan hasil pengujian kuesioner terhadap 13 responden pelanggan mendapatkan rata-rata persentase sebesar 87,42?n 3 responden pemilik dan pekerja mendapatkan rata-rata persentase sebesar 95%. Maka dapat disimpulkan bahwa sistem dianggap layak untuk diaplikasikan dan memudahkan dalam proses pemesanan makanan serta memudahkan melakukan pengelolaan data pesanan
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB