
Strategi Pencegahan Fraud Pada Pt. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Lhokseumawe
Strategi Pencegahan Fraud Pada Pt. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Lhokseumawe, Strategi Pencegahan Fraud, Pengendalian Internal, Program Sistem Manajemen Anti Penyuapan...
Author: YANDRI DONI
Date: 2024
Keywords: Strategi Pencegahan Fraud, Pengendalian Internal, Program Sistem Manajemen Anti Penyuapan
Type: Jurnal
Category: penelitian
Penelitian ini mendeskripsikan implementasi strategi pencegahan fraud melalui pengendalian internal di PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Lhokseumawe, dengan fokus pada program sistem manajemen anti penyuapan. Metode yang digunakan meliputi Gap Analysis untuk mengukur kesiapan penerapan sistem manajemen anti suap serta analisis SWOT yang digabungkan dengan Strategic Factor Analysis untuk merumuskan strategi implementasi dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Lhokseumawe sudah siap menerapkan sistem manajemen anti suap, masih terdapat kebutuhan untuk pengembangan lebih lanjut. Beberapa temuan utama adalah bahwa tidak semua pegawai telah menerima pelatihan terkait sistem manajemen anti suap dan belum ada penilaian risiko terhadap suap. Untuk mengatasi hal ini, penelitian merekomendasikan beberapa strategi implementasi yaitu Pelatihan Sistem Manajemen Anti Suap, Sosialisasi Anti Gratifikasi, Penilaian Risiko Suap, Penganggaran Kegiatan dan Pembuatan Kebijakan/Pedoman. Strategi ini diharapkan dapat membantu PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Lhokseumawe dalam memperkuat tata kelola yang baik dan mengurangi risiko fraud melalui penerapan sistem manajemen anti suap yang efektif dan berkelanjutan
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB