PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI TERHADAP PROFESIONALISME GURU DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI MTS MUHAMMADIYAH 3 KISARAN
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI TERHADAP PROFESIONALISME GURU DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI MTS MUHAMMADIYAH 3 KISARAN, Kepemimpinan, Supervisi, Profesionalisme Guru...
Author: FITRIANI
Date: 2024
Keywords: Kepemimpinan, Supervisi, Profesionalisme Guru
Type: Thesis
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan supervisi terhadap profesionalisme guru dengan motivasi sebagai variabel intervening di MTs. Muhammadiyah 3 Kisaran. Selanjutnya, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil uji validitas pada variabel X1, X2, Z, dan variabel Y, dinyatakan seluruh item valid, hal ini ditunjukkan dengan nilai rhitung lebih besar dari nilai rtabel. Selanjutnya, pada uji reliabilitas nilai croncbach’s alpha pada masing-masing variabel lebih besar dari pada nilai signifikansi yang ditentukan (X1 = 0.651, X2 = 0.640, Z = 0.823, Y = 0.647 > 0.6), menunjukkan bahwa seluruh item reliabel. Kemudian uji normalitas menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig. pada variabel X1 = 0.19, X2 = 0.200, Z = 0.14, dan Y = 0.200 lebih besar dari nilai signifikansi 0.05, hasilnya menunjukkan tidak terjadi multikolinieritas. Uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan, supervisi, melalui variabel motivasi memberikan pengaruh terhadap variabel profesionalisme guru sebesar 0.475 atau 47.5%. Pada uji parsial diperoleh hasil Thitung pada variabel X1 = 4.188, X2 = 3.865, Z = 9.874, lebih besar dari pada Ttabel = 2.025. Menunjukkan bahwa variabel terikat dan intervening tersebut memberikan pengaruh secara parsial terhadap variabel dependen
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB