Kompetensi Guru PAI Dalam Memotivasi Siswa Untuk Meningkatkan Amalan Ibadah Sholat Fardhu Di Mts PAB-1 Helvetia
Kompetensi Guru PAI Dalam Memotivasi Siswa Untuk Meningkatkan Amalan Ibadah Sholat Fardhu Di Mts PAB-1 Helvetia, Kompetensi guru, Motivasi dan Peningkatan Amalan Salat Fardu...
Author: FAKHRUDDIN AKBAR
Date: 2024
Keywords: Kompetensi guru, Motivasi dan Peningkatan Amalan Salat Fardu
Type: Skripsi
Category: penelitian
Kompetensi guru sangat berpengaruh terhadap keberasilan pembelajaran, guru dituntut untuk berfikir kreatif untuk selalu menciptakan metode pembelajaran yang efektif terutama dalam ibadah salat fadhu. Guru di MTs PAB 1 Helvetia dapat memantau anak secara langsung pada saat salat fardu, dan jika di luar sekolah guru tidak bisa secara langsung memantau anak melaksanakan salat fardu. Para siswa membutuhkan motivasi belajar agar mampu dan berhasil mencapai prestasi belajar yang diharapkan serta peran guru dalam memotivasi siswa dituntut untuk memenuhi kompetensi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kompetensi guru PAI dalam memotivasi siswa untuk meningkatkan amalan ibadah salat fardu di MTs PAB 1 Helvetia. 2) Untuk mengetahui Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi salat berjama`ah pada peserta didik di MTs PAB 1 Helvetia. 3) Untuk mengetahui respon peserta didik di MTs PAB 1 Helvetia terhadap strategi yang telah dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi salat berjamaah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan sedangkan sifat penelitian ini bersifat kualitatif, pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa guru PAI MTs PAB 1 Helvetia sudah mencakup semua kompetensi. Upaya yang dilakukan dalam memotivasi siswa untuk meningkatkan amalan ibadah salat fardu di MTs PAB 1 Helvetia sudah cukup bagus, baik di dalam maupun di luar kelas. Guru PAI juga memberikan pengarahan kepada siswa-siswi yaitu memberikan teladan, pujian, hadiah, dorongan dan membantu permasalahan siswa terutama dalam salat fardu. Dalam semua itu berpengaruh terhadap ibadah salat fardu para siswa.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB