REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Implementasi Sistem Penghitung Kunjungan Pelanggan Coffe Shop Erotes Eat Berbasis Iot secara Realtime

SALIHIN DESRI (2024)

penelitian-implementasi-sistem-penghitung-kunjungan-pelanggan-coffe-shop-erotes-eat-berbasis-iot-secara-realtime

Implementasi Sistem Penghitung Kunjungan Pelanggan Coffe Shop Erotes Eat Berbasis Iot secara Realtime

Implementasi Sistem Penghitung Kunjungan Pelanggan Coffe Shop Erotes Eat Berbasis Iot secara Realtime, Coffee Shop, Database Thingspeak, ESP32, IoT, Penghitung Jumlah Pelanggan, Ultrasonic, WhatsApp....

Author: SALIHIN DESRI
Date: 2024
Keywords: Coffee Shop, Database Thingspeak, ESP32, IoT, Penghitung Jumlah Pelanggan, Ultrasonic, WhatsApp.
Type: Skripsi
Category: penelitian

Coffee Shop menyediakan kopi, minuman, dan makanan dalam suasana santai. Umumnya terletak di lokasi strategis dengan fasilitas seperti Wi-Fi dan desain interior dan eksterior yang menarik. Meskipun Coffee Shop dengan tampilan dan hidangan yang diberikan telah mampu memberikan pelayanan yang baik untuk kenyamanan dan keinginan pelanggan. Sistem yang digunakan dalam mengerjakan operasional Coffee Shop sebagian besar masih manual, khususnya di Coffee Shop Erotes Eat. Hadir dan diterapkannya Internet of Things (IoT) di Coffee Shop akan menginovasi proses operasional sehingga menciptakan efisiensi waktu dan memudahkan proses pengelolaan Coffee Shop termasuk dalam menghitung dan mendata jumlah pengunjung. Dengan adanya penghitung dan pendata otomatis pada Coffee Shop diharapkan dapat memudahkan pemilik membuat laporan terkait operasional Coffee Shop. Perangkat sistem penghitung jumlah pelanggan memerlukan modul yang dapat mendeteksi jika ada pelanggan yang melewatinya yaitu paramater jarak dengan mengandalkan sensor ultrasonic HCSR-04. Tentu saja mikrokontroller sebagai inti dari sistem yang dapat terhubung ke internet juga diperlukan dengan menggunakan ESP32. Kemudian, Cloud Database sebagai wadah data yang direkam secara realtime menjadi bagian yang sangat dibutuhkan karena itu sistem yang dibuat menggunakan layanan database Thingspeak. Yang terakhir yaitu, untuk memudahkan pemilik atau pengelola Coffee Shop dalam memperoleh data berapa yang hadir di Coffee Shop miliknya di menit itu juga, maka sistem yang dibangun dapat terintegrasi dengan WhatsApp sebagai perantara pengiriman data antara pemilik dan sistem yang dibangun.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB