Analisis Strategi Pengembangan Usaha UKM Pakaian Nyopnyop Shop di Kecamatan Medan Johor dengan Metode Analisis SWOT
Analisis Strategi Pengembangan Usaha UKM Pakaian Nyopnyop Shop di Kecamatan Medan Johor dengan Metode Analisis SWOT, Strategi Pengembangan Usaha, UKM, Analisis SWOT...
Author: SENDY KURNIAWAN PRAWIRO
Date: 2024
Keywords: Strategi Pengembangan Usaha, UKM, Analisis SWOT
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan yang digunakan industri UKM Nyopnyop Shop di Kecamatan Medan Johor melalui analisis SWOT. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, yang dikumpulkan melalui instrumen pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu pemilik Toko Pakaian Nyopnyop Shop dan 3 konsumen yang menjadi pelanggan di toko tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan melalui metode analisis SWOT. Kekuatan Toko Pakaian Nyopnyop Shop tersedianya pelayanan pembelian secara online, produk yang dipasarkan mengikuti trend, kualitas produk terjamin, pelayanan pengiriman barang tepat waktu, harga yang terjangkau dikalangan konsumen, dan tersedianya pelayanan pembelian produk secara offline, dan memanfaatkan kemajuan teknologi. Sedangkan kelemahan yang terlihat yaitu kurangnya efsiensi waktu dan ancaman seperti munculnya usaha dengan produk sejenis, persaingan harga, dan daya tawar pemasok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Pakaian Nyopnyop Shop berada diposisi yang sangat menguntungkan karena memiliki kekuatan dan peluang yang dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Toko Pakaian Nyopnyop Shop harus mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif. Sehingga strategi yang sesuai adalah strategi SO yaitu menggunakan strategi dan memanfaatkan peluang yang ada dengan mendayagunakan kekuatan yang dimiliki. Pemilik usaha hendaknya tetap mempertahankan kekuatan kemudian memkasimalkan posisi Toko Pakaian Nyopnyop Shop saat ini yaitu berada pada kuadran I. artinya pelaku usaha memiliki usaha yang berada pada posisi sangat menguntungkan karena memiliki kekuatan dan peluang sehingga harusdimanfaatkan secara maksimal.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB