REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

ANALISIS OPTIMALISASI POTENSI PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA MEDAN

HASUDUNGAN SINAGA (2024)

penelitian-analisis-optimalisasi-potensi-pajak-reklame-terhadap--pendapatan-asli-daerah-di-kota-medan

ANALISIS OPTIMALISASI POTENSI PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA MEDAN

ANALISIS OPTIMALISASI POTENSI PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA MEDAN, Optimalisasi, Pajak reklame...

Author: HASUDUNGAN SINAGA
Date: 2024
Keywords: Optimalisasi, Pajak reklame
Type: Tugas Akhir (D3)
Category: penelitian

Setelah wabah covid-19 yang melanda membuat beberapa aktivitas kegiatan yang terganggu, kini kembali membaik karena sudah kembali normal. Hal ini menjadi keuntungan bagi pemerintah daerah agar bisa mengoptimalkan potensi pajak reklame yang ada di Kota Medan. Dengan anggaran yang sudah dikeluarkan diharapkan agar terjadinya realisasi pengoptimalan yang meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Tapi pada kenyataannya pengoptimalan dari pajak reklame masih belum terealisasikan dengan efektif dan efisien Pada penelitian ini, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Menurut Sugiyono (2014:21) metode analisis deskriptif adalah statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi.Sesuai dengan hasil pada penelitian diatas, maka dalam perhitungan efektivitas dan potensi pajak reklame yang dilakukan di Badan Pengelolaan dan Keuangan Aset Daerah Kota Medan selaku pihak yang berhak dalam melakukan kegiatan pajak reklame. Berdasarkan teori Undang-Undang No. 34 Tahun 2000 yang dikenakan tarif sebesar 25% yang dikenakan atas nilai sewa reklame. Berdasarkan realisasi penerimaaan pajak reklame tahun 2021 hingga 2023, dapat dilihat penerimaan pajak reklame dinilai masih rendah. ini terlihat dari anggaran yang telah dikeluarkan dengan realisasi yang tercapai masih dinilai minim dalam hal pendapatan asli daerah di Kota Medan Hal yang menyebabkan belum terealisasi target penerimaan pajak reklame menurut sudut pandang Peneliti yaitu masih rendahnya tingkat kesadaran wajib pajak.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB