Implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam penanaman akhlak pada siswa Mas Al-asy'ariah Medan krio
Implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam penanaman akhlak pada siswa Mas Al-asy'ariah Medan krio, Implementasi, Pembelajaran, Akidah Akhlak, Penanaman, Madrasah...
Author: YUNI SHAHFITRI
Date: 2024
Keywords: Implementasi, Pembelajaran, Akidah Akhlak, Penanaman, Madrasah
Type: Skripsi
Category: penelitian
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. Dalam pendidikan yang berbasis agama Islam terdapat pembelajaran akidah akhlak. Akidah atau iman yaitu pengakuan dengan lisan dan membenarkan dengan hati bahwa semua yang dibawa Rasulullah itu adalah benar dan hak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran akidah akhlak dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam penanaman akhlak pada siswa kelas XI di MAS Al-Asy’ariah Medan Krio. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru Akidah Akhlak dan beberapa siswa kelas XI di sekolah MAS Al-Asy’ariah Medan Krio. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam penanaman akhlak siswa kelas XI di MAS Al-Asy’ariah Medan Krio berjalan disandarkan pada kualitas pemahaman dan pengamalan isi materi yang diajarkan melalui beberapa metode pembelajaran yaitu metode ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi dan pembiasaan, meskipun pada realitanya tidak semua siswa cepat tanggap dalam memahami dan mengamalkan materi yang diajarkan oleh guru. Faktor pendukung dalam penanaman akidah akhlak pada siswa XI di MAS Al-Asy’ariah Medan Krio yaitu 1) guru yang berkompeten, 2) keteladanan guru, 3) sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambatnya yaitu 1) maraknya sosial media, 2) kurangnya minat belajar siswa, 3) pengaruh lingkungan masyarakat yang tidak kondusif, dan 4) minimnya motivasi belajar siswa.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB