Pola Interaksi Guru Akidah Akhlak dengan siswa dalam membina Akhlak siswa di MTs Al-Ishlah Sei Belutu Medan
Pola Interaksi Guru Akidah Akhlak dengan siswa dalam membina Akhlak siswa di MTs Al-Ishlah Sei Belutu Medan, Pola Interaksi Guru Akidah Akhlak, Membina Akhlak siswa...
Author: DEWI FATMA
Date: 2024
Keywords: Pola Interaksi Guru Akidah Akhlak, Membina Akhlak siswa
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana pola interaksi yang digunakan guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak siswa di MTs Al-Ishlah Sei Belutu Medan , 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pola interaksi guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak siswa di MTs Al-Ishlah Sei Belutu Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari kepala sekolah MTs Al-Ishlah Sei Belutu, Guru Akidah Akhlak dan siswa-siswi MTs Al-Ishlah Sei Belutu. Adapun sumber data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung yaitu berupa buku, catatan, artikel atau jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Tekni pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pola interaksi yang digunakan guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak siswa di MTs Al-Ishlah Sei Belutu Medan yaitu: Pola interaksi dengan tiga pola yaitu: pola interaksi satu arah (guru menyampaikan materi kepada siswa), pola interasksi dua arah (siswa dengan siswa), pola interaksi tiga arah (guru dengan siswa, siswa dengan guru, siswa dengan siswa). Sedangkan pembinaan akhlak yang dilakukan menggunakan tiga metode yaitu pembiasaan, nasehat dan keteladanan. pembiasaannya yaitu: pembiasaan shalat dhuha rutin, pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah belajar, pembiasaan kebersihan dan disiplin. Selain itu adanya budaya 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun) yang menjadi salah satu membina akhlak siswa. Adapun faktor pendukung dan penghambat pola interaksi guru Akidah Akhlak: Pendukung: faktor lingkungan sekolah yang kondusif, guru sebagai panutan dan teladan bagi siswanya, kurikulum. Faktor penghambat: faktor lingkungan, faktor keluarga/orang tua, faktor teknologi berupa handphone maupun internet.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB