REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Dampak Digitalisasi gen Z Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Prodi Ekonomi Pembangunan UNPAB)

RATI MEILANY (2024)

penelitian-dampak-digitalisasi-gen-z-terhadap-perilaku-konsumtif-studi-kasus-prodi-ekonomi-pembangunan-unpab

Dampak Digitalisasi gen Z Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Prodi Ekonomi Pembangunan UNPAB)

Dampak Digitalisasi gen Z Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Prodi Ekonomi Pembangunan UNPAB), E-Money, Fitur Live Streaming, Literasi Digital, Perilaku Konsumtif...

Author: RATI MEILANY
Date: 2024
Keywords: E-Money, Fitur Live Streaming, Literasi Digital, Perilaku Konsumtif
Type: Skripsi
Category: penelitian

Dalam skripsi ini, penulis mengambil judul penelitian yaitu “DAMPAK DIGITALISASI GEN Z TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Studi Kasus Prodi Ekonomi Pembangunan UNPAB)” di era yang serba digital saat ini membuat seseorang untuk berperilaku konsumtif, tinginya peran digitalisasi dalam praktek kehidupan sehari – hari membuat seseorang menjadi berperilaku konsumtif khususnya pada mahasiswa Generasi Z Prodi Ekonomi Pembangunan UNPAB. Dengan menggunakan penelitian analisis deskriptif kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang ditimbulkan oleh beberapa faktor yang di lihat dari variabel E-money, Fitur Live Streaming, Literasi Digital, Sumber Pendapatan dan Gender terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z Prodi Ekonomi Pembangunan UNPAB. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data data primer yang dihimpun dari wawancara langsung kepada mahasiswa dengan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti melalui uji Hipotesis Uji T Parsial menyatakan bahwa Variabel E-Money, Fitur Live Streaming, Literasi Digital Berprngaruh positif dan signifikan, Variabel Gender di ketahui berpengaruh positif dan tidak signifikan. Sedangkan Sumber Pendapatan memiliki pengaruh yang negative dan tidak signifikan terhadap Perilaku Konsumtif. Melalui Uji F Simultan diketahui E-Noney, Fitur Live Streaming, Literasi Digital, Sumber Pendapatan dan Gender Berpengaruh secara Bersama terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Gen Z Prodi Ekonomi Pembangunan UNPAB. Dibuktikan dengan nilai R Square sebesar 70.20% menjelaskan adanya hubungan yang era tantara variabel yang dileti. Adapun sara kesimpulan penelitian ini disarankan kepada mahasiswa agar dapat memanfaatkan aplikasi fintech (E-Money) secara lebih luas bukan hanya sekedar digunakan untuk transaksi jual beli atau transfer keuangan melainkan memanfaatkan lebih luas akan kegunaan aplikasi seperti untuk kepentingan menabung, investasi atau menggunakan aplikai kredit yang efektif dalam memenuhi kebutuhan.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB