
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengoptimalkan Akhlakul Karimah Peserta Didik Mis. Al-Washliyah Medan Sunggal
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengoptimalkan Akhlakul Karimah Peserta Didik Mis. Al-Washliyah Medan Sunggal, Strategi,Guru Pendidikan Agama Islam, Akhlakul Karimah....
Author: ADIANSYAH HARAHAP
Date: 2024
Keywords: Strategi,Guru Pendidikan Agama Islam, Akhlakul Karimah.
Type: Jurnal
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengoptimalkan akhlakul karimah peserta didik Madrasah Ibtidaiyyah Swasta (MIS) AlJam`iyatul Washliyah Medan Sunggal, 2) faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam mengoptimalkan akhlakul karimah peserta didik Madrasah Ibtidaiyyah Swasta (MIS) Al-Jam`iyatul Washliyah Medan Sunggal. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyyah Swasta (MIS) Al-Jam`iyatul Washliyah Medan Sunggal dengan waktu penelitian dimulai dari bulan Juni 2023 sampai Desember 2023. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan termasuk jenis penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan. Sumber data penelitian yaitu data primer dan sekunder serta teknik pengumpulan data dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru di MIS AlWashliyah mengimplementasikan strategi pembelajaran yang variatif dan interaktif, melibatkan peserta didik dalam pembelajaran berbasis proyek, memanfaatkan aktivitas ekstrakurikuler, dan mengaktifkan peran serta orang tua serta masyarakat dalam proses pendidikan. Penelitian ini menemukan bahwa pendekatan holistik dan integratif dalam pendidikan akhlakul karimah, yang tidak hanya terfokus pada transfer pengetahuan tetapi juga pada praktik nyata nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari, menjadi kunci dalam mengoptimalkan pembentukan karakter peserta didik. Implikasi dari penelitian ini memberikan wawasan bagi praktisi pendidikan, khususnya dalam konteks pendidikan agama, tentang pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang komprehensif dan partisipatif dalam membentuk akhlakul karimah yang merupakan aspek penting dari pendidikan karakter
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB