REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Metode Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Ibnu Khaldun

SYAHRIDO GAUTAMA (2024)

penelitian-metode-pendidikan-akhlak-pada-anak-usia-dini-dalam-perspektif-ibnu-khaldun

Metode Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Ibnu Khaldun

Metode Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Ibnu Khaldun, Pendidikan Akhlak; Anak Usia Dini....

Author: SYAHRIDO GAUTAMA
Date: 2024
Keywords: Pendidikan Akhlak; Anak Usia Dini.
Type: Jurnal
Category: penelitian

Pendidikan akhlak merupakan pondasi utama dalam memajukan peradaban Islam. Pendidikan akhlak harus mulai diberikan kepada anak sejak usia dini. Memberikan stimulus akhlak kepada anak usia dini, membutuhkan metode yang sesuai dengan perkembangan anak. Tokoh pendidikan anak yang turut berkontribusi dalam menyumbangkan pemikirannya tidak hanya dari tokoh-tokoh barat, tokoh Islam seperti Ibnu Khaldun juga menyumbangkan pemikirannya dalam pendidikan anak. Tujuan penelitian ini untuk melihat dan menganalisis metode pendidikan akhlak anak dalam perspektif Ibnu Khaldun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (literatur research). Data penelitian diperoleh dari buku dan artikel jurnal yang relevan yang membicarakan pemikiran Ibnu Khaldun tentang metode pendidikan akhlak anak. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pendidikan dalam perspektif Ibnu Khaldun harus berdasarkan Al-Quran dan Hadis. Hal utama yang harus dikenalkan kepada anak adalah mengajarkan anak mengenai tauhid, mengajarkan pokok ajaran agama Islam dan membiasakan memberikan teladan baik. Pendidikan akhlak menjadi pendidikan utama yang harus dimiliki generasi Islam, selanjutnya metode pendidikan yang harus digunakan untuk membina akhlak setiap anak menurut Ibnu Khaldun adalah metode keteladanan, pembiasaan dan diskusi tentang agama kepada anak

Files:
Tidak ada data !

Collections:
Digital Library UNPAB