REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini Di TK IT Darul Qur'an Batubara

ZURAIDAH (2024)

penelitian-strategi-guru-dalam-mengembangkan-kecerdasan-sosial-anak-usia-dini-di-tk-it-darul-qur-39an-batubara

Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini Di TK IT Darul Qur'an Batubara

Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini Di TK IT Darul Qur'an Batubara, Kecerdasan Sosial, Anak Usia Dini...

Author: ZURAIDAH
Date: 2024
Keywords: Kecerdasan Sosial, Anak Usia Dini
Type: Jurnal
Category: penelitian

Kecerdasan sosial sangat dibutuhkan oleh setiap manusia, kecerdasan ini perlu dilatih sejak usia dini. Setiap anak adalah makhluk sosial yang akan membutuhkan manusia lain. Untuk mengembangkan kecerdasan sosial pada anak usia dini dibutuhkan pendekatan dan strategi yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan kendala apa saja yang ditemukan dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak di TK IT Darul Qur’an Batubara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partispatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan tahapan kondensasi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak di TK IT Darul Qur’an yaitu dengan keteladanan dan pembiasaan dalam menanamkan tanggung jawab dalam melakukan kegiatan, disiplin dalam bermain dan belajar, kerjasama antar anak didik, saling menghargai dan kegiatan spontan pada setiap kegiatan dalam pembelajaran. Mengembangkan kecerdasan sosial pada anak juga dilakukan dengan pemberian motivasi berkelanjutan dalam aktivitas yang menyenangkan. Pemberian motivasi tidak hanya pada ranah kata-kata atau frasa motivasi, namun lebih menekankan pada perilaku nyata yang dilaksanakan sehari-hari. Kendala yang ditemukan dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak adalah kurangnya kemampuan bersosialisasi dan bekerjasama, serta menurunnya aspek kemurahan hati dan empati pada anak didik.

Files:
Tidak ada data !

Collections:
Digital Library UNPAB