REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Penerapan Nilai Agama Dan Moral Melalui Pengasuhan Etnis Batak Mandailing Di TK Haholongan Padang Sidempuan

SRI FEMINA HASIBUAN (2024)

penelitian-penerapan-nilai-agama-dan-moral-melalui-pengasuhan-etnis-batak-mandailing-di-tk-haholongan-padang-sidempuan

Penerapan Nilai Agama Dan Moral Melalui Pengasuhan Etnis Batak Mandailing Di TK Haholongan Padang Sidempuan

Penerapan Nilai Agama Dan Moral Melalui Pengasuhan Etnis Batak Mandailing Di TK Haholongan Padang Sidempuan, Nilai Agama dan Moral, Pengasuhan, Etnis Batak Mandailing...

Author: SRI FEMINA HASIBUAN
Date: 2024
Keywords: Nilai Agama dan Moral, Pengasuhan, Etnis Batak Mandailing
Type: Jurnal
Category: penelitian

Penelitian ini berjudul Penerapan Nilai Agama dan Moral Mellalui Pengasuhan Etnis Batak Mandailing di TK Haholongan Padang Sedempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif atau naturalistik, karena titik fokus penelitian ini adalah pada observasi dan suasana alamiah (naturalistic setting). Dikatakan juga natural karena pelaksanaan penelitian memang terjadi secara alamiah, apa adanya dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya, singkatnya menekankan pada deskripsi secara alami. Penelitian ini menemukan hasi akhir yaitu: 1).Bentuk penanaman nilai agama dan moral anak usia dini dalam pengasuhan Etnis Batak Mandailing di TK Haholongan Padang Sedempuan dengan metode bercerita, karyawisata, keteladanan dan pembiasaan. Metode-metode yang digunakan guru dan orang tua dalam menanamkan nilai agama dan moral anak usia dini dilaksanakan dengan mengimprovisasi kebudayaan-kebudayaan yang melekat pada Etnis Batak Mandailing di TK Haholongan Padang Sedempuan. 2).Faktor yang mendukung dalam proses penanaman nilai agama dan moral anak usia dini adalah pada aspek kebudayaan Batak Mandailing yang cenderung pada kepatuhan, artinya bentuk kepatuhan yang ditanamkan orang tua kepada anak menyebabkan anak menjadi mematuhi setiap perintah dan larangan dari orangtua dalam proses penanaman nilai moral dan agama. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu lingkungan yang kurang baik untuk penanaman nilai moral dan agama pada anak usia dini serta terbatasnya waktu interaksi antara orang tua dan guru, serta orang tua dan anak.

Files:
Tidak ada data !

Collections:
Digital Library UNPAB