
Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Kelas IX MTs Al-Washliyah Medan Krio
Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Kelas IX MTs Al-Washliyah Medan Krio, Strategi Guru Akidah Akhlak, Kejenuhan Belajar...
Author: IHSAN ARRASYID NASUTION
Date: 2024
Keywords: Strategi Guru Akidah Akhlak, Kejenuhan Belajar
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa di kelas IX MTs Al-Washliyah Medan Krio, 2) Bagaimana Bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi guru akidah akhlak dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa di kelas IX MTs Al-Washliyah Medan Krio. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data sumber data primer yang diperoleh dari kepala sekolah MTs AL Washliyah Meda Krio, Guru Akidah Akhlak, dan siswa-siswi kelas IX MTs Al Washliyah Meda Krio. Adapun sumber data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung yaitu berupa buku, catatan, artikel atau jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi guru akidah akhlak dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa di kelas IX MTs Al-Washliyah Medan Krio yaitu: strategi dalam menggunakan metode pembelajaran, memberikan motivasi belajar, memberikan suasana belajar yang menyenangkan. Strategi guru akidah dalam mengatasi kejenuhan siswa terbilang cukup efektif, hal ini dilihat strategi melalui pendekatan yang dilakukan guru, lalu dengan metode pembelajaran diskusi yang menjadi salah satu cara guru mengatasi kejenuhan belajar metode diskusi atau kelompok membuat siswa-siswi aktif dalam proses pembelajaran, adapun strategi dengan memberikan motivasi dengan pujian kepada siswa untuk meningkatkan semangat belajar siswa sehingga siswa tidak merasa bosan maupun jenuh ketika belajar dan strategi dengan memberikan suasana belajar yang menyenangkan berupa gurauan atau candaan kepada siswa sehingga suasana belajar lebih hidup dan menyenangkan dan terjalinnya kedekatan antara guru dengan siswa. Faktor Pendukung guru akidah akhlak mengatasi kejenuhan siswa yaitu: metode pembelajaran yang efektif dan tepat dan keprofesionalan guru dalam mengajar. Faktor penghambat guru akidah akhlak dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa yaitu: faktor internal siswa, media pembelajaran yang kurang memadai dan jam pelajaran yang kurang efektif.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB