
Implementasi Moderasi Beragama Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Berbasis Multikultural Di SMA YP Raksana Medan
Implementasi Moderasi Beragama Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Berbasis Multikultural Di SMA YP Raksana Medan, Implementasi, Moderasi Beragama, Pembelajaran, Pendidikan Agama, Multikultural...
Author: NURHAFIZAH RANGKUTI
Date: 2023
Keywords: Implementasi, Moderasi Beragama, Pembelajaran, Pendidikan Agama, Multikultural
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana perencanaan moderasi beragama melalui Pemebelajaran pendidikan agama berbasis multikultural, 2) Bagaimana pelaksanaan moderasi beragama melalui pembelajaran pendidikan agama berbasis multikultural, 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat terhadap implementasi moderasi beragama melalui pembelajaran pendidikan agama berbasis multikultural. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMA YP Raksana Medan, Guru-Guru SMA YP Raksana Medan, dan SiswaSiswi SMA YP Raksana Medan. Adapun sumber data yang diperoleh sacara tidak langsung yaitu berupa buku, catatan, artikel atau jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pada saat pelajaran agama berlangsung, siswa yang bergama Katolik, Kristen, Islam, dan Budha mendapatkan pelajaran pendidikan agama oleh guru agama masing-masing di tempat kelas yang berbeda. Hal tersebut menyebabkan para siswa yang berbeda agama tidak berinteraksi dan berkomunikasi secara langsung, mereka juga kurang mengetahui cara pandang serta kebudayaan satu dengan yang lainnya.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB