REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Sikap Inklusivitas Beragama Anak Di TK Swasta Khayri Baihaqi Pinanggripan Asahan

SRI AYUNITA (2024)

penelitian-sikap-inklusivitas-beragama-anak-di-tk-swasta-khayri-baihaqi-pinanggripan-asahan

Sikap Inklusivitas Beragama Anak Di TK Swasta Khayri Baihaqi Pinanggripan Asahan

Sikap Inklusivitas Beragama Anak Di TK Swasta Khayri Baihaqi Pinanggripan Asahan, Sikap Beragama, Inklusif, Anak Usia Dini...

Author: SRI AYUNITA
Date: 2024
Keywords: Sikap Beragama, Inklusif, Anak Usia Dini
Type: Jurnal
Category: penelitian

Sikap beragama anak usia dini dipengaruhi oleh lingkungan sekitar seperti orang tua, keluarga, guru dan lingkungan bermain anak. Disaat anak memasuki dunia pendidikan anak usia dini, maka anak akan berinteraksi dengan guru dan teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami sikap inklusivitas beragama anak usia dini di TK Swasta Khayri Baihaqi dan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam membangun sikap inklusivitas beragama anak di TK Swasta Khayri Baihaqi Pinanggripan Asahan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi partispatif dan wawancara mendalam. Data dianalisis dengan tahapan kondensasi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap beragama anak di TK Swasta Khayri Baihaqi menunjukkan inklusifitas dengan ketentuan menerima perbedaan yang ada, tidak saling menyalahkan, tidak merasa yang paling benar, hal tersebut merupakan stimulus yang diberikan oleh guru secara berkesinambungan. Sikap inklusifitas beragama anak dapat membentuk generasi emas yang santun dalam beragama dan mewujudkan kesalehan individual serta kesalehan sosial. Kendala yang dihadapi guru dalam membangun sikap beragama anak yang inklusif yaitu kurangnya koordinasi dan kolaborasi yang dibangun antara pihak sekolah dengan orang tua dan keluarga. Doktrin keagamaan yang fanatik menghambat guru dalam memberikan stimulus inklusif dalam sikap beragama anak

Files:
Tidak ada data !

Collections:
Digital Library UNPAB