REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Pembelajaran Al-Quran Hadis kelas XII Di Madrasah Aliyah Negeri Kota Binjai

Fauriza Firdaus (2024)

penelitian-internalisasi-nilainilai-karakter-melalui-pembelajaran-alquran-hadis-kelas-xii-di-madrasah-aliyah-negeri-kota-binjai

Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Pembelajaran Al-Quran Hadis kelas XII Di Madrasah Aliyah Negeri Kota Binjai

Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Pembelajaran Al-Quran Hadis kelas XII Di Madrasah Aliyah Negeri Kota Binjai, Nilai Karakter, Internalisasi, Pembelajaran Alquran Hadis...

Author: Fauriza Firdaus
Date: 2024
Keywords: Nilai Karakter, Internalisasi, Pembelajaran Alquran Hadis
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui internalisasi nilai-nilai karakter melalui pembelajaran al-quran hadis kelas XII, 2) Mengetahui implikasi melalui pembelajaran Al-qur’an Hadis kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri Kota Binjai, 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari proses internalisasi nilai-nilai karakter melalui pembelajaran al-quran hadis. Kehidupan yang mengalami degradasi karakter yang saat ini, madrasah dituntut menjadi sarana di bidang pendidikan, bentengpencegah dari degradasi nilai karakter melalui pembelajaran Al-qur’an Hadis. Diharapkan yang diajarkan pada siswa, namun menjadi kunci agar nilai karakter yangsemakin baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan prosesanalisis interaktif, yang menggunakan metode wawancara kepada WKMbidangkurikulum, guru Alquran hadis dan siswa-siswi kelas XII. Penelitian menggunakanjenis prosedur analisis interaktif menurut Man dan huberman, melalui 3 langkahyaitureduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sumber data yang didapat terbagi menjadi 2, yaitu sumber data primer dan sekunder. Data primer yaitu wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder menggunakan dokumentasi, yang terdiri dari profil sekolahdan foto pelaksanaan internalisasi nilai-nilai karakter melalui pembelajaran alquranhadis kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri Binjai. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Internalisasi nilai-nilai karakter melalui pembelajaranalquranhadisyaitumenggunakanbeberapa strategi, yaitumelaluistrategitransformasimateri pembelajaran, strategi keteladanan, strategi pembiasaan, dan strategi pemberian nasehat, 2) Implikasi nilai karakter yang diterapkan siswa adalah karakter religius, karakter disiplin, dankarakter disiplin, 3) Faktor pendukung di dalam proses internalisasi tersebut yaitu: adanyamedia pedukung jalannya internalisasi, pengayaan materi yang diberikan kepada gurudansiswa, serta intensitas kehadiran guru tersebut pada pembelajaran Alquran hadis dikelas. Selain itu faktor penghambatnya yaitu: faktor dari luar lingkungan siswa sama kurangnyaintensitas kehaidiran guru pada pembelajaran Alquran hadis dikelas.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB