REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Analisis Sistem Informasi Akuntansi dalam Meningkatkan Pengendalian Internal atas Pendapatan (Studi Kasus UMKM Boba KitaKita)

ARTIKA MANURUNG (2024)

penelitian-analisis-sistem-informasi-akuntansi-dalam-meningkatkan-pengendalian-internal-atas-pendapatan-studi-kasus-umkm-boba-kitakita

Analisis Sistem Informasi Akuntansi dalam Meningkatkan Pengendalian Internal atas Pendapatan (Studi Kasus UMKM Boba KitaKita)

Analisis Sistem Informasi Akuntansi dalam Meningkatkan Pengendalian Internal atas Pendapatan (Studi Kasus UMKM Boba KitaKita), UMKM, SIA, Pengendalian Internal Atas Pendapatan...

Author: ARTIKA MANURUNG
Date: 2024
Keywords: UMKM, SIA, Pengendalian Internal Atas Pendapatan
Type: Skripsi
Category: penelitian

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) memiliki fungsi yang sangat penting untuk perkembangan dalam usaha bisnis, karena dapat membuat kegiatan bisnis menjadi lebih mudah. Sistem Informasi Akuntansi (SIA) juga berdampak secara signifikan akibat perkembangan teknologi informasi. Namun pengelolaan data masih dilakukan secara manual. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis kualitatif serta pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif. Dan penelitian ini dilakukan di UMKM Boba KitaKita. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Hasil wawancara akan menggambarkan bagaimana Sistem Infromasi Akuntansi yang ada di UMKM Boba KitaKita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIA pendapatan pada UMKM Boba KitaKita ini sudah diterapkan sesuai dengan prosedur-prosedur, tetapi masih ada beberapa yang belum sesuai seperti fungsi akuntansi, fungsi pencatatan, dan fungsi kas dan fungsi kasir yang dimana itu masih dirangkap oleh satu karyawan saja. Serta ada beberapa yang belum digunakan seperti jurnal penjualan, rekening pembantu piutang dagang, karena tidak menerima transaksi secara kredit. Untuk pengendalian internal sudah diterapkan dengan cukup baik. Walaupun masih ada yang kurang seperti absensi masih dilakukan secara manual dan rangkap jabatan yakni bagian operasional dirangkap oleh owner. Tetapi hal tersebut masih bisa dikontrol. Pendapatan sangat berpengaruh pada SIA dan Pengendalian internal.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB