REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

EFEKTIFITAS PUPUK KOTORAN SAPI DAN POC KULIT BAWANG MERAH DENGAN AIR KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN PAKCOY (Brassica rapa L.)

ELVIA BANUAREA (2024)

penelitian-efektifitas-pupuk-kotoran-sapi-dan-poc-kulit-bawang-merah-dengan-air-kelapa-terhadap-pertumbuhan-pakcoy-brassica-rapa-l

EFEKTIFITAS PUPUK KOTORAN SAPI DAN POC KULIT BAWANG MERAH DENGAN AIR KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN PAKCOY (Brassica rapa L.)

EFEKTIFITAS PUPUK KOTORAN SAPI DAN POC KULIT BAWANG MERAH DENGAN AIR KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN PAKCOY (Brassica rapa L.), Pakcoy, POC Kulit Bawang Merah, Kotoran Sapi...

Author: ELVIA BANUAREA
Date: 2024
Keywords: Pakcoy, POC Kulit Bawang Merah, Kotoran Sapi
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas pupuk kotoran sapi dan POC kulit bawang merah dengan air kelapa terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa L.) serta interaksinya. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok ( RAK) faktorial yang terdiri dari 2 faktor dengan 16 kombinasi perlakuan dan 3 blok. Faktor pertama yang diteliti yaitu perlakuan pupuk kotoran sapi dengan simbol (S) terdiri dari 4 taraf S0 = 0 g/polybag, S1 = 50 g/polybag, S2 = 100 g/polybag , S3 = 150 g/polybag dan faktor yang kedua POC Kulit Bawang Merah dengan simbol (B) terdiri dari 4 taraf yaitu B0 = 0 ml/polybag, B1 = 75 ml/polybag, B2 = 150 ml/polybag dan B3 = 225 ml/polybag. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah Panjang daun, lebar daun, jumlah daun, diameter bonggol, berat tanaman sampel dan berat tanaman per plot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk kotoran sapi terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman pakcoy memberikan pengaruh tidak nyata pada panjang daun dan jumlah daun serta lebar daun namun berpengaruh sangat nyata pada diameter bonggol, bobot tanaman sampel dan bobot tanaman per plot dengan perlakuan terbaik pada S3 = 150 g/polybag. Pemberian POC kulit bawang merah memberikan pengaruh tidak nyata pada pengamatan panjang daun, lebar daun, jumlah daun, diameter bonggol namun berpengaruh sangat nyata terhadap bobot tanaman sampel dan bobot tanaman per plot dengan perlakuan terbaik pada B3 = 225 ml/polybag. Interaksi pemberian POC kulit bawang merah dengan air kelapa dan pupuk kotoran sapit tidak berpengaruh nyata pada semua parameter pengamatan.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB