REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Pengaruh pemberian bokashi dan POC daun nimba terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman cabai merah (Capssicum annum L.)

MAULANA RAMADHAN TARIGAN (2024)

penelitian-pengaruh-pemberian-bokashi-dan-poc-daun-nimba-terhadap-pertumbuhan-dan-produksi-tanaman-cabai-merah-capssicum-annum-l

Pengaruh pemberian bokashi dan POC daun nimba terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman cabai merah (Capssicum annum L.)

Pengaruh pemberian bokashi dan POC daun nimba terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman cabai merah (Capssicum annum L.), Cabai Merah, Bokashi, POC Daun Mimba....

Author: MAULANA RAMADHAN TARIGAN
Date: 2024
Keywords: Cabai Merah, Bokashi, POC Daun Mimba.
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemberian bokashi dan POC daun mimba terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman cabai merah (Capsicum annum L). Penelitian ini telah dilaksanakan di jalan sei beras sekata, kecamatan Medan Sunggal, kabupaten Deli Serdang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak kelompok (RAK) factorial dengan 2 faktor, 4 taraf, 16 kombinasi perlakuan dan 3 ulangan. Faktor pertama adalah pemberian bokashi (B) yang terdiri dari 4 taraf yaitu, B0 = 0 kg/plot, B1 = 1 kg/plot, B2 = 2 kg/plot, B3 = 3 kg/plot. Faktor kedua adalah pemberian POC daun mimba (M) yang terdiri dari 4 taraf yaitu, M0 = 0 ml/1 liter air/plot, M1 = 70 ml/1 liter air/plot, M2 = 140 ml/1 liter air/plot dan M3 = 210 ml/1 liter air/plot. Parameter yang di amati yaitu tinggi tanaman (cm), diameter batang (mm), jumlah cabang, umur berbunga (hari), jumlah buah per sampel (buah) dan jumlah produksi per plot (g). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemberian Pupuk bokashi berpengaruh tidak nyata pada parameter tinggi tanaman (cm), diameter batang (mm), dan jumlah cabang umur 2 dan 4 MSPT tetapi berpengaruh sangat nyata pada umur 6 MSPT, jumlah buah per sampel (buah) dan produksi buah per plot (g). Faktor perlakuan pemberian pupuk bokashi terbaik terdapat pada perlakuan B3 = 3 kg/plot. Pemberian POC daun mimba berpengaruh tidak nyata pada parameter tinggi tanaman (cm), diameter batang (mm), dan jumlah cabang umur 2 dan 4 MSPT tetapi berpengaruh sangat nyata pada umur 6 MSPT, jumlah buah per sampel (buah) dan produksi buah per plot (g). Faktor perlakuan pemberian POC daun mimba terbaik terdapat pada perlakuan M3 = 210 ml/liter air/plot. Interaksi kedua perlakuan menunjukkan berpengaruh tidak nyata terhadap semua parameter yang diamati.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB