REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran di Kelas XI SMA Ar-Rahman Medan

VINITA PUTRI (2024)

penelitian-inovasi-guru-pendidikan-agama-islam-dalam-pemanfaatan-media-pembelajaran-di-kelas-xi-sma-arrahman-medan

Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran di Kelas XI SMA Ar-Rahman Medan

Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran di Kelas XI SMA Ar-Rahman Medan, Inovasi, Guru Pendidikan Agama Islam, Media Pembelajaran...

Author: VINITA PUTRI
Date: 2024
Keywords: Inovasi, Guru Pendidikan Agama Islam, Media Pembelajaran
Type: Skripsi
Category: penelitian

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui: 1) Bagaimana Inovasi guru Pendidikan Agama Islam dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran di kelas XI SMA Ar-Rahman Medan, dan untuk mengetahui 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat Inovasi guru Pendidikan Agama Islam dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran di kelas XI SMA Ar-Rahman Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa adanya inovasi atau pembaharuan yang dilakukan oleh guru dalam pemakaian media maka pembelajaran pun harus terbenah. Disinilah peluang guru dalam menciptakan inovasi-inovasi dalam penggunaan media pembelajaran yang tidak monoton. Pelaksanaan Inovasi guru Pendidikan Agama Islam dalam pemanfaatan media pembelajaran di kelas XI SMA Ar-Rahman Medan adalah menggunakan media laptop, Infocus, dan Internet melalui Handphone dalam pemanfaatan media tersebut menghasilkan seperti video pembelajaran, Ppt sound dan Browsing internet, yang mana hal ini dapat dilihat dan di dengar oleh siswa. Dengan media berbasis teknologi ini proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan efektif sehingga meningkatkan minat belajar siswa dan memberikan kemudahan siswa dalam memahami materi Pendidikan Agama Islam. Adapun media cetak berupa, buku paket PAI dan LKS sebagai sumber belajar utama. inovasi guru Pendidikan Agama Islam dalam pemanfaatan media belajar sudah cukup baik dan menarik serta digunakan sesuai dengan kebutuhan bahan ajar. Dalam penelitian ini juga menunjukkan Faktor pendukung dan faktor penghambat inovasi guru Pendidikan Agama Islam dalam pemanfaatan media pembelajaran yaitu faktor pendukungnya adalah sekolah membebaskan guru dalam menggunakan media belajar yang telah disediakan oleh sekolah seperti Laptop, Infocus dan internet sehingga guru dapat berinovasi dalam pemanfaatan media yang ada. Faktor penghambat yaitu: Kurangnya fasilitas sekolah terutama media belajar yang berupa infocus karena hanya ada beberapa unit saja. Upaya yang dilakukan guru dalam menanggulangi kendala tersebut yaitu, mempersiapkan fasilitas belajar sesuai dengan pemanfaatan media yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar dan kesiapan setiap siswa dalam melaksanakan proses belajar untuk menerima materi.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB