REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Analisis Sistem Pengamanan Motor Listrik 3 fasa Menggunakan Electronic Over Current Relay (EOCR) ( Aplikasi di PT Medan Sugar Industry KIM-II Mabar )

FERDINAN SIAHAAN (2024)

penelitian-analisis-sistem-pengamanan-motor-listrik-3-fasa-menggunakan-electronic-over-current-relay-eocr--aplikasi-di-pt-medan-sugar-industry-kimii-mabar-

Analisis Sistem Pengamanan Motor Listrik 3 fasa Menggunakan Electronic Over Current Relay (EOCR) ( Aplikasi di PT Medan Sugar Industry KIM-II Mabar )

Analisis Sistem Pengamanan Motor Listrik 3 fasa Menggunakan Electronic Over Current Relay (EOCR) ( Aplikasi di PT Medan Sugar Industry KIM-II Mabar ), Motor Listrik 3 Fasa, Thernal Overload, Electronic Over Current Relay...

Author: FERDINAN SIAHAAN
Date: 2024
Keywords: Motor Listrik 3 Fasa, Thernal Overload, Electronic Over Current Relay
Type: Skripsi
Category: penelitian

Motor listrik adalah alat yang dapat merubah energi listrik menjadi energi mekanik dan sangat banyak digunakan dalam dunia industri. Motor listrik 3 fasa dapat dioperasikan dengan beberapa sistem kontrol start motor dan yang umum seperti starting langsung ( Direct Online ) dan Star Delta . Dalam sistem kontrol start motor terdapat alat pengaman yang dipakai untuk mengamankan belitan motor jika terjadi beban berlebih yang dapat mengakibatkan kebakaran pada belitan motor. Alat pengamanan sistem kontrol motor listrik 3 fasa yang umum dipakai yaitu thermal Overload dimana TOR ini akan bekerja berdasarkan temperatur yang ditimbulkan oleh besarnya arus yang melalui bimetal yang berada didalam TOR sehingga dalam pengoperasian nya sendiri membutuhkan beberapa detik untuk bisa di reset kembali normal jika sudah mendeteksi arus lebih karena menunggu suhu TOR kembali normal. Di PT Medan Sugar Industry terdapat satu motor listrik untuk membantu pensortiran ukuran gula yang rentan dengan kelebihan beban kerja motor diakibatkan penyumbatan jalur sizer gula sehingga motor listrik rentan bekerja dengan arus berlebih untuk itu ditambahkan alat pengamanan motor untuk membantu kinerja TOR yaitu Electronic Over Current Relay yang dapat direset langsung saat mendeteksi arus lebih dan dapat mendeteteksi jika terjadi perbedaan arus antar fasa . Sehingga lebih efisien dalam pengamanan motor listrik dan jika terjadi arus lebih pada Motor listrik pada EOCR bisa langsung di reset agar normal kembali sehingga motor dapat dioperasikan kembali .

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB