REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah SMP IT Khansa Khalifah Sunggal

SILVIA RAMADHANI (2024)

penelitian-implementasi-kurikulum-merdeka-belajar-pada-pembelajaran-pai-di-sekolah-smp-it-khansa-khalifah-sunggal

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah SMP IT Khansa Khalifah Sunggal

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah SMP IT Khansa Khalifah Sunggal, implementasi, kurikulum merdeka, pembelajaran, pendidikan agama Islam...

Author: SILVIA RAMADHANI
Date: 2024
Keywords: implementasi, kurikulum merdeka, pembelajaran, pendidikan agama Islam
Type: Jurnal
Category: penelitian

Penelitian ini membahas tentang implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran PAI di SMP IT Khansa Khalifah Sunggal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang fenomena yang diteliti. Dalam rangka pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik purposive sampling digunakan untuk pemilihan subjek penelitian atau informan, yang meliputi kepala sekolah, guru PAI, dan beberapa siswa. Analisis data dalam penelitian ini mengikuti model analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman, dan Saldana, melibatkan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh guru di SMP IT Khansa Khalifah Sunggal mengikuti beberapa tahap yaitu; (1) persiapan dan perencanaan, mencakup pemahaman terhadap regulasi dan peraturan terkait penerapan kurikulum merdeka, analisis terhadap capaian dan tujuan pembelajaran PAI, penyusunan perangkat pembelajaran berupa modul ajar, dan pemahaman terhadap prinsip asesmen, (2) pelaksanaan pembelajaran, mencakup tiga kegiatan yaitu pembukaan atau kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup atau akhir, (3) asesmen formatif dan sumatif, yaitu penilaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka, di mana hasil belajar siswa dinilai sesuai dengan prinsip dan kriteria penilaian yang telah disiapkan oleh guru dalam tahap persiapan

Files:
Tidak ada data !

Collections:
Digital Library UNPAB