REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DAN PENGONTROLAN PENYIRAMAN TANAMAN BAWANG MENGGUNAKAN ARDUINO ( STUDI KASUS DI LAHAN DINAS PERTANIAN KAB. KARO )

DIRGA SURYA (2023)

penelitian-rancang-bangun-sistem-monitoring-dan-pengontrolan-penyiraman--tanaman-bawang-menggunakan-arduino--studi-kasus-di-lahan-dinas-pertanian-kab-karo-

RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DAN PENGONTROLAN PENYIRAMAN TANAMAN BAWANG MENGGUNAKAN ARDUINO ( STUDI KASUS DI LAHAN DINAS PERTANIAN KAB. KARO )

RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DAN PENGONTROLAN PENYIRAMAN TANAMAN BAWANG MENGGUNAKAN ARDUINO ( STUDI KASUS DI LAHAN DINAS PERTANIAN KAB. KARO ), Bawang merah, Arduino, Sensor...

Author: DIRGA SURYA
Date: 2023
Keywords: Bawang merah, Arduino, Sensor
Type: Skripsi
Category: penelitian

Salah satu permasalahan masyarakat menjelang panen tanaman bawangmerah adalah tidak terkontrolnya penyiraman pada tanaman bawang merahyangmengakibatkan kelembaban tanah dan suhu udara yang tidak stabil, yangmenyebabkan hama dan penyakit. Penyiraman pada tanaman bawang merahmenjadi salah satu hal yang sangat perlu di perhatikan dalam budidaya tanamanbawang merah untuk menjaga tingkat kelembaban pada tanaman bawang merahyang menjadi salah satu komoditas pangan tanaman bawang merah yang adadi Indonesia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk merancangdanmengimplementasikan sistem informasi monitoring dan kontroling penyiramanpada tanaman bawang merah dengan mudah menggunakan Arduino uno. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pengintegrasian Arduino untuk mengukur kadar air dalam tanah pada tanaman bawang. Dengan menggunakan sensor suhu LM35, sensor Soil Moisture, sensor pH tanah yang dihubungkan ke SIM800 akanmenampilkan data pada LCD yang terhubung ke Arduino berupa data-data suhu, kelembaban tanah dan pH tanah sehingga dapat menjadi acuan usesr dalammengambil Tindakan pemeliharaan terhadap tanaman bawang merah.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB