REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

RANCANG BANGUN SISTEM PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT (PPM) DI DESA TANJUNG ANOM KABUPATEN DELI SERDANG BERBASIS WEBSITE

ANITA LISTIANI DAULAY (2024)

penelitian-rancang-bangun-sistem-pelayanan-pengaduan-masyarakat-ppm-di-desa-tanjung-anom-kabupaten-deli-serdang-berbasis-website

RANCANG BANGUN SISTEM PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT (PPM) DI DESA TANJUNG ANOM KABUPATEN DELI SERDANG BERBASIS WEBSITE

RANCANG BANGUN SISTEM PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT (PPM) DI DESA TANJUNG ANOM KABUPATEN DELI SERDANG BERBASIS WEBSITE, Layanan pengaduan, Pengaduan online, Layanan desa, Pengaduan berbasis website...

Author: ANITA LISTIANI DAULAY
Date: 2024
Keywords: Layanan pengaduan, Pengaduan online, Layanan desa, Pengaduan berbasis website
Type: Skripsi
Category: penelitian

Salah satu penigkatan kualitas terbaik pelayanan publik bagi masyarakat pedesaan adalah dapat dengan dilakukan melalui sebuah penyelesaian pengaduan yang mendapatkan respon yang cepat dari penyedia layanan yaitu dalam hal ini instansi pemerintah terkait baik di pusat maupun daerah. Segala bentuk kritik, saran dan maupun aduan yang disampaikan masyarakat pada suatu instansi merupakan sebuah koreksi untuk perbaikan pelayanan tersebut. Banyak kantor desa di indonesia belum memiliki sistem pelayanan pengaduan teridentifikasi dan terdokumentasi dengan baik, sehingga timbul kendala dalam memberikan layanan pengaduan kepada masyarakat, sepeti respon time pelayanan yang lambat dan dokumentasi pengaduan tidak tertata dengan rapi. Kendala lain timbul saat masyarakat kebingungan untuk menyampikan keluhan tersebut dikaenakan tidak mengetahui harus mengadu kemana. Untuk mengatasi masalah tersebut, akan dirancang Rancang Bangun Sistem Pelayanan Pengaduan Masyarakat (PPM) di desa Tanjung Anom Kabupaten Deli Serdang Berbasis Website. Dengan itu diharapkan agar dapat memudahkan masyarakat dalam membuat laporan pengaduan. Website ini dapat digunakan masyarakat untuk melakukan layanan pengaduan secara online. Website ini juga dapat memudahkan pemerintah desa dan kabupaten dalam melakukan dokumentasi dan mengevaluasi sistem layanan pengaduan masyarakat.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB