REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X MAS Trbiyah Islamiyah Hamparan Perak

Suci Ananda Retno (2024)

penelitian-efektifitas-model-pembelajaran-kooperatif-jigsaw-dalam-pembelajaran-sejarah-kebudayaan-islam-kelas-x-mas-trbiyah-islamiyah-hamparan-perak

Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X MAS Trbiyah Islamiyah Hamparan Perak

Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X MAS Trbiyah Islamiyah Hamparan Perak, Efektifitas, Model Pembelajaran, Kooperatif Jigsaw...

Author: Suci Ananda Retno
Date: 2024
Keywords: Efektifitas, Model Pembelajaran, Kooperatif Jigsaw
Type: Jurnal
Category: penelitian

Peneliti menggunakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena di lapangan, budaya informal. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik analisis yaitu reduksi, display dan verifikasi. Penelitian ini mendeskripsikan secara luas dan mendalam keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas X MAS Tarbiyah Islamiayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran SKI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat memberikan semangat belajar pada siswa, dapat meningkatkan kreativitas guru dan siswa. Siswa aktif mencari literatur diskusi yang akan dibahas dalam diskusi kelompok. Diharapkan kepada guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam proses pembelajaran, karena melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terbukti efektifdalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Files:
Tidak ada data !

Collections:
Digital Library UNPAB