
Implementasi Metode Tahfidz Qur'an di Yayasan Pendidikan Semesta Mengaji
Implementasi Metode Tahfidz Qur'an di Yayasan Pendidikan Semesta Mengaji, Methode ; Tahfidz ; Quran...
Author: Yusranida Hidayati
Date: 2024
Keywords: Methode ; Tahfidz ; Quran
Type: Jurnal
Category: penelitian
Menghafal Al-Quran membutuhkan metode yang tepat guna dan sesuai dengan perkembangan setiap anak yang menghafal. Metode yang digunakan memberikan kontribusi besar pada pembentukan generasi emas Islam yang menghafal dan memeahami AL-Quran secara mendalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode tahfiz Quran yang diimplementasikan di Yayasan Pendidikan Semesta dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta kendala yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan observasi partisipan, wawancara mendalam. Seluruh data yang ada dianalisis dengan tahapan kondensasi data, display data dan verifikasi. Hasil temuan dalam penelitian ini bahwa perencanaan metode tahfidz dalam menghafal Quran di Yayasan Pendidikan Semesta Mengaji dilakukan pada setiap awal tahun pelajaran. Namun apabila terdapat permasalahan mendesak yang muncul berkaitan dengan implementasi metode tahfidz dalam menghafalkan Quran maka akan dibahas dan dicari solusinya pada rapat harian, hingga rapat bulanan. Pelaksanaan metode tahfidz Quran di Yayasan Pendidikan Semesta Mengaji menggunakan metode tikrar, dimana seorang santri mengulang-ngulang membaca ayat kurang lebih 5 sampai 40 kali hingga hafal. Evaluasi metode tahfidz dalam menghafal Quran di Yayasan Pendidikan Semesta Mengaji dilakukan dengan Evaluasi Akhir Santri yang dimana santri mengikuti ujian level , ujian tertulis, dan ujian tidak tertulis. Kendala yang dihadapi dalam kegiatan menghafal Quran di Yayasan Pendidikan Semesta Mengaji seperti tingkat usia yang belum matang, keragaman daya tangkap dalam menghafal, motivasi menghafal yang belum konsisten dan belum lancar dalam membaca Al-Quran.
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB