REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Internalisasi Nilai Adab Makan Dan Minum Melalui Animasi Kartun Islami Anak Di Ra EI Syarifah Kota Medan

SYARIFAH MARDIAH (2024)

penelitian-internalisasi-nilai-adab-makan-dan-minum-melalui-animasi-kartun-islami-anak-di-ra-ei-syarifah-kota-medan

Internalisasi Nilai Adab Makan Dan Minum Melalui Animasi Kartun Islami Anak Di Ra EI Syarifah Kota Medan

Internalisasi Nilai Adab Makan Dan Minum Melalui Animasi Kartun Islami Anak Di Ra EI Syarifah Kota Medan, Internalisasi Nilai-Nilai, Adab Makan dan Minum, Animasi Kartun Islami...

Author: SYARIFAH MARDIAH
Date: 2024
Keywords: Internalisasi Nilai-Nilai, Adab Makan dan Minum, Animasi Kartun Islami
Type: Jurnal
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan menganalisis internalisasi nilai adab makan dan minum pada anak usia dini di melalui animasi kartun Islam RA El Syarifah Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan langkah-langkah pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan adab Islam melalui animasi kartun efektif dalam membentuk karakter religius pada anak usia dini. Proses ini tidak hanya terjadi saat memberikan pengetahuan, tetapi juga melalui peran teladan guru dan praktik sehari-hari dalam makan dan minum sesuai adab. Konsistensi dalam menerapkan nilai-nilai moral terkait adab makan dan minum menjadi faktor kunci dalam pembentukan karakter religius, dan contoh yang diberikan oleh guru memainkan peran penting. Waktu makan diidentifikasi sebagai momen efektif bagi anak usia dini untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka, sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa karakter religius dapat ditanamkan sejak dini melalui kegiatan sehari-hari, khususnya dalam hal makan dan minum, dengan mengandalkan ajaran Islam. Selain pengetahuan, pembentukan karakter juga membutuhkan pembiasaan dan bimbingan dari guru sebagai teladan. Hasil ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut dalam konteks pengembangan pendidikan agama Islam pada anak usia dini.

Files:
Tidak ada data !

Collections:
Digital Library UNPAB