REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Implementasi kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Agama Islam di SMA Ar-Rahman Medan

NURRAYZA MELA (2024)

penelitian-implementasi-kurikulum-2013-pada-mata-pelajaran-agama-islam-di-sma-arrahman-medan

Implementasi kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Agama Islam di SMA Ar-Rahman Medan

Implementasi kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Agama Islam di SMA Ar-Rahman Medan, Implementasi, Kurikulum 2013, Pelajaran Agama Islam...

Author: NURRAYZA MELA
Date: 2024
Keywords: Implementasi, Kurikulum 2013, Pelajaran Agama Islam
Type: Skripsi
Category: penelitian

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1.) Bagaimana implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran agama Islam di SMA Arrahman Medan. 2.) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran agama Islam di SMA Arrahman Medan. Penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, menggambarkan suatu gejala atau keadaan yang diteliti secara apa adanya serta diarahkan untuk memaparkan fakta-fakta, kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat seperti Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran dan Penilaian Pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan dua data yaitu data primer dan data sekunder, data primer dalam penelitian ini yaitu: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru pada mata pelajaran agama islam, dan siswa SMA Ar-Rahman Medan sedangkan yang menjadi data sekunder antara lain yaitu: dokumendokumen sekolah yang berkaitan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, dapat diperoleh kesimpulan bahwa: 1.) Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran agama Islam di SMA Ar-Rahman Medan secara umum sudah berjalan dengan baik mulai tahap persiapan sampai tahap evaluasi. Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach) yaitu, mengamati, bertanya, menalar, mencoba, menyajikan dengan penilaian hasil belajar berbasis proses dan prosedur. 2.) Terdapat beberapa fator pendukung dalam Implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran agama Islam di SMA Ar-Rahman. diantaranya: dukungan dari pihak pemerintah, dinas pendidikan dan sekolah dalam memfasilitasi sosialisasi, workshop, dan seminar terkait metode, penilaian, dan teknik mengajar, serta guru bidang studi dalam sosialisasi terkait dalam pengetahuan tentang kurikulum 2013 dan motivasi tinggi yang dimiliki guru-guru di SMA Ar-Rahman yang ingin terus meningkatkan kompetensi yang dimiliki. Selain itu, kegiatan pembelajaran tersebut terhambat oleh beberapa variabel. Hal ini mencakup perbaikan sederhana pada pemahaman moral dan agama anak, serta lingkungan keluarga dan masyarakat yang umumnya kurang mendukung, sehingga berdampak pada pembelajaran.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB