
Penerapan Model Pembelajaran Quantum Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Khairunnisa Desa Musam Pembangunan Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat
Penerapan Model Pembelajaran Quantum Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Khairunnisa Desa Musam Pembangunan Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat, Model Pembelajaran Quantum,Keterampilan Berbicara,Anak Usia Dini...
Author: SUMARNI
Date: 2023
Keywords: Model Pembelajaran Quantum,Keterampilan Berbicara,Anak Usia Dini
Type: Skripsi
Category: penelitian
Model pembelajaran quantum merupakan model pembelajaran yang berfokus pada hubungan dinamis dalam lingkungan kelas, interaksi yang mendirikan landasan, dan kerangka untuk belajar, model pembelajaran quantum didesain dengan lingkungan yang asyik, menyenangkan untuk anak usia dini dengan muatan pembelajaran yang memicu intelegensi anak. Model pembelajaran quantum diyakini sebagai solusi untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini. Fakta yang ditemukan di TK Khairunnisa bahwa keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun masih rendah, hal tersebut terlihat dari tidak mampunya anak bertanya dengan kalimat yang benar, belum mampu menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan, belum bisa mengutarakan pendapat kepada orang lain, dan belum mampu berpartisipasi dalam percakapan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang di fokuskan pada situasi kelas. Alat pengumpul data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam rangkaian langkah dan dua siklus, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada siklus I dan II maka dapat penulis simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Khairunnisa Desa Musam Pembangunan. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan keterampilan berbicara anak. Adapun anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) pada siklus I Pertemuan ke-1 mencapai 15%, pada pertemuan ke-2 50%, kemudian dilanjutkan dengan Siklus II pertemuan ke-1 55?n pertemuan ke-2 80%.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB