
IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI SMK PAB 2 HELVETIA
IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI SMK PAB 2 HELVETIA, Metode Discovery Learning, Hasil Belajar...
Author: INTAN WAHYUNI
Date: 2023
Keywords: Metode Discovery Learning, Hasil Belajar
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana Implementasi metode discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI, 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi metode discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari kepala sekolah SMK PAB 2 Helvetia, guru PAI SMK PAB 2 Helvetia, dan Siswa-siswi kelas XI SMKP PAB 2 Helvetia. Adapun sumber data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung yaitu berupa buku, catatan, artikel atau jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penggunaan metode discovery learning dapat dilakukan dengan efektif dan metode discovery learning yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI terbilang berhasil, hal ini ditunjukkan dari adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, dengan materi mencari makna dari arti ayat-ayat, mencari sejarah tentang Nabi, bahwa siswa dapat lebih cepat dan mudah memahami materi pelajaran dengan adanya metode discovery learning. Dan peningkatan belajar siswa bukan hanya dari hasil belajar atau nilai siswa yang didapat, tetapi juga dilihat dari minat siswa dalam belajar yang tinggi karena siswa terlihat semangat dan antusias dalam proses pembelajaran. Hal ini juga disebabkan karena adanya kerja sama yang baik antara siswa dengan guru PAI dalam menyelesaikan materi pembelajaran yang saling bertanya dan memberi masukan serta jawaban bagi siswa yang bertanya.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB