REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

IMPLEMENTASI STRATEGI SAINTIFIK LEARNING DALAM MENGUATKAN AKIDAH PESERTA DIDIK KELAS XII SMK TELADAN MEDAN HELVETIA

SAFFANA ULFIA (2023)

penelitian-implementasi-strategi-saintifik-learning-dalam-menguatkan-akidah-peserta-didik-kelas-xii-smk-teladan-medan-helvetia

IMPLEMENTASI STRATEGI SAINTIFIK LEARNING DALAM MENGUATKAN AKIDAH PESERTA DIDIK KELAS XII SMK TELADAN MEDAN HELVETIA

IMPLEMENTASI STRATEGI SAINTIFIK LEARNING DALAM MENGUATKAN AKIDAH PESERTA DIDIK KELAS XII SMK TELADAN MEDAN HELVETIA, : Implementasi, Saintifik Learning, Akidah....

Author: SAFFANA ULFIA
Date: 2023
Keywords: : Implementasi, Saintifik Learning, Akidah.
Type: Jurnal
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penerapan Strategi Pembelajaran Saintifik dalam memperkuat akidah peserta didik kelas XII di SMK Teladan Medan Helvetia. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan, kemudian dianalisis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan yang dapat disimpulkan: 1) Perencanaan Implementasi Strategi Pembelajaran Saintifik: Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) telah mengintegrasikan komponen-komponen Strategi Pembelajaran Saintifik. Ini terlihat dalam tahap-tahap pembelajaran, termasuk mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan. RPP berfungsi sebagai panduan untuk menerapkan strategi ini dalam pembelajaran akidah di kelas XII SMK Teladan Medan Helvetia. 2) Implementasi Strategi Pembelajaran Saintifik: Meskipun ada upaya dalam menerapkan Strategi Pembelajaran Saintifik, implementasinya belum sepenuhnya optimal. Lima tahap proses pembelajaran saintifik, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan, belum sepenuhnya terealisasi dengan baik dalam pembelajaran akidah. 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Strategi Pembelajaran Saintifik: a) Faktor Pendukung: Penelitian mengidentifikasi beberapa faktor pendukung yang berkontribusi terhadap implementasi Strategi Pembelajaran Saintifik dalam memperkuat akidah peserta didik. Ini meliputi ketersediaan media pembelajaran dan sumber belajar yang membantu fasilitasi pembelajaran interaktif dan mendalam, serta antusiasme siswa terhadap pembelajaran berbasis Strategi Pembelajaran Saintifik. b) Faktor Penghambat: Beberapa faktor penghambat yang ditemukan melibatkan kesulitan guru dalam mempraktekkan strategi saintifik, dan keterbatasan waktu yang menghambat implementasi pendekatan ini secara menyeluruh.

Files:
Tidak ada data !

Collections:
Digital Library UNPAB