REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

STRATEGI GURU TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MENGHAFAL AL-QURAN JUZ 30 KELAS X DI MADRASAH ALIYAH MUALLIMIN MEDAN

INTAN KHAIRANI (2023)

penelitian-strategi-guru-tahfiz-dalam-meningkatkan-motivasi-siswa-menghafal-alquran-juz-30-kelas-x-di-madrasah-aliyah-muallimin-medan

STRATEGI GURU TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MENGHAFAL AL-QURAN JUZ 30 KELAS X DI MADRASAH ALIYAH MUALLIMIN MEDAN

STRATEGI GURU TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MENGHAFAL AL-QURAN JUZ 30 KELAS X DI MADRASAH ALIYAH MUALLIMIN MEDAN, Kata Kunci: Strategi Guru Tahfiz, Motivasi, Menghafal Al-Qur’an...

Author: INTAN KHAIRANI
Date: 2023
Keywords: Kata Kunci: Strategi Guru Tahfiz, Motivasi, Menghafal Al-Qur’an
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1 Bagaimana strategi guru Tahfiz dalam meningkatkan motivasi siswa menghafal Al-Qur’an juz 30 kelas X di Madrasah Aliyah Muallimin Medan, 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi siswa menghafal Al-Qur’an juz 30 kelas X di Madrasah Aliyah Muallimin Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data sumber data primer yang diperoleh dari kepala sekolah MAS Muallimin Univa Medan, Guru Tahfiz, dan siswa-siswi MAS Muallimin Univa Medan. Adapun sumber data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung yaitu berupa buku, catatan, artikel atau jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Prosedur pengumpulan dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Strategi guru tahfiz dalam meningkatkan motivasi siswa menghafal Al-Quran juz 30 di MAS Muallimin Univa Medan berupa: Pengunaan metode yang tepat yang diajarkan kepada siswa dalam mempermudah siswa menghafal, pembiasaan membaca Al-Qur’an melalui kegiatan rutin seperti membaca Al-Quran setiap hari sebelum proses belajar mengajar dimulai, memberikan tugas hafalan, memberikan pujian dan, memberikan penghargaan/hadiah. Faktor pendukung berupa, faktor internal berasal dari diri siswa itu sendiri seperti minat, semangat yang cukup tinggi dan kecerdasan siswa dalam menghafal dan faktor eksternal berasal dari luar yaitu lingkungan sosial yang ada disekitar siswa berupa motivasi yang diberikan guru, pujian, reward/hadiah, penghargaan dan program tahfiz yang dilaksanakan secara rutin. Faktor penghambat terdapat pada faktor internal yaitu siswa itu sendiri karena tidak semua siswa memiliki kemampuan dan keinginan yang sama, serta adanya pengaruh dari kegiatan diluar sekolah sehingga lupa dengan tugasnya.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB