REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

PERAN KOMITE KEPERAWATAN RUMAH SAKIT DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PERAWAT DALAM MELAKUKAN PRAKTIK KEPERAWATAN(STUDI DI RSUP H. ADAM MALIK)

SUHERI, S.KEP.,NERS (2023)

penelitian-peran-komite-keperawatan-rumah-sakit-dalam-memberikan-perlindungan-hukum-bagi-perawat-dalam-melakukan-praktik-keperawatanstudi-di-rsup-h-adam-malik

PERAN KOMITE KEPERAWATAN RUMAH SAKIT DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PERAWAT DALAM MELAKUKAN PRAKTIK KEPERAWATAN(STUDI DI RSUP H. ADAM MALIK)

PERAN KOMITE KEPERAWATAN RUMAH SAKIT DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PERAWAT DALAM MELAKUKAN PRAKTIK KEPERAWATAN(STUDI DI RSUP H. ADAM MALIK), Peran, Komite Keperawatan, Perlindungan Hukum, Perawat, Praktik Keperawatan...

Author: SUHERI, S.KEP.,NERS
Date: 2023
Keywords: Peran, Komite Keperawatan, Perlindungan Hukum, Perawat, Praktik Keperawatan
Type: Thesis
Category: penelitian

Pelayanan kesehatan saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga perawat dalam melakukan praktik keperawatan di RSUP Haji Adam Malik diwajibkan memiliki kompetensi, tunduk pada peraturan hukum dan harus mematuhi kode etik keperawatan. Dalam penerapan aturan tersebut tidak sepenuhnya dapat sesuai dengan harapan, masih dijumpai adanya penyimpangan yang dilakukan oleh perawat baik sengaja maupun tidak sengaja. Untuk itu, perlu dilakukannya kajian terhadap peran komite keperawatan rumah sakit dalam memberikan perlindungan hukum bagi perawat. Penelitian ini bersifat analisis deskriptif dengan metode pendekatan yuridis normatif yang mengacu kepada norma-norma hukum yang ada. Berdasarkan sifat penelitian tersebut diatas, maka data yang dikumpulkan berasal dari data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Adapun permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan syarat-syarat perawat menjalankan praktik keperawatan di rumah sakit, hak dan kewajiban pasien dan perawat atas pelayanan kesehatan di rumah sakit dan peran komite keperawatan rumah sakit dalam memberikan perlindungan hukum bagi perawat yang melakukan praktik keperawatan di RSUP Haji Adam Malik. Perlindungan hukum terhadap perawat oleh komite keperawatan sudah diatur dalam PMK Nomor 49 Tahun 2013 tentang Komite Keperawatan Rumah Sakit yang isinya bertujuan meningkatkan profesionalisme perawat dan mengatur tata kelola kewenangan klinis yang baik agar mutu pelayanan keperawatan berorientasi pada keselamatan pasien. Perlindungan hukum terhadap perawat oleh komite keperawatan di RSUP Haji Adam Malik bersifat preventif dan seluruh perawat sudah memiliki rincian kewenangan klinis. Komite keperawatan bertanggungjawab dalam hal pengembangan mutu, kredensialing dan pembinaan etik profesi bagi perawat sehingga pelayanan asuhan keperawatan kepada pasien diberikan secara benar sesuai standar yang baik dan sesuai kode etik profesi serta hanya diberikan oleh tenaga keperawatan yang kompeten dengan kewenangan yang jelas.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB