REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Metode pembelajaran mudzakaroh sebagai penguatan pemahaman kitab kuning ( studi kasus ponpes musthafawiyah purba baru ) mandailing natal sumatra utara

DONI KUSUMA (2023)

penelitian-metode-pembelajaran-mudzakaroh-sebagai-penguatan-pemahaman-kitab-kuning--studi-kasus-ponpes-musthafawiyah-purba-baru--mandailing-natal-sumatra-utara

Metode pembelajaran mudzakaroh sebagai penguatan pemahaman kitab kuning ( studi kasus ponpes musthafawiyah purba baru ) mandailing natal sumatra utara

Metode pembelajaran mudzakaroh sebagai penguatan pemahaman kitab kuning ( studi kasus ponpes musthafawiyah purba baru ) mandailing natal sumatra utara, metode Mudzakaroh kitab kuning....

Author: DONI KUSUMA
Date: 2023
Keywords: metode Mudzakaroh kitab kuning.
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran mudzakaroh sebagai penguatan pemahaman kitab kuning (studi kasus Ponpes Musthafawiyah Purba Baru) serta faktor pendukung dan kendalanya dalam meningkatkan pemahaman santri. Penelitian ini dilaksanakan di Ponpes Musthafawiyah Purba Baru sejak peneliti berkunjung sampai penelitian dilakukan yakni sejak bulan Desember 2022 sampai dengan Mei 2023. Objek penelitiannya adalah santri kelas 1, 2 dan 3, guru mudzakaroh dan pimpinan pesantren. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mudzakaroh sebagai penguatan pemahaman kitab kuning dengan menggunakan model pembelajaran mudzakaroh dapat ditandai dengan guru menerjemahkannya, sedangkan santri menulis artinya di kitab masing-masing. Setelah selesai dibaca dan artikan, kemudian ustadz menjelaskan pembahasannya dan menyimpulkan, setelah selesai santri disuruh mencatat ke buku tulis masing-masing kesimpulan yang disampaikan ustadz tersebut. Adapun faktor pendukung pembelajaran mudzakaroh ini adalah: (1) Kinerja guru yang baik, semua gurunya bisa membaca kitab kuning. (2) Mudir pondok pesantren, mudir menyediakan musholla sebagai tempat mudzakaroh (3) Interaksi yang baik antara guru dan santrinya. Model Pembelajaran mudzakaroh yang dilakukan seniornya terhadap juniornya memberikan dampak yang positif khususnya terhadap pemahaman kitab kuning di Musthafawiyah Purba Baru. Sedangkan kendalanya yaitu: (1) Faktor lingkungan, berasal dari warung yang ada di banjar sehingga terkadang santri susah diatur (2) Sarana dan prasarana yang tidak terjaga, karena keadaan santri yang banyak, sehingga pengasawasan seniornya tidak terkontrol sepenuhnya.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB